10 TIPS Menjaga Kamera Digital dan DSLR By UKM Photography PalComTech

Hai PalComSters,,

Bertemu lagi bersama kami dari UKM Photography PalComTech, kali ini kami akan menampilkan artikel  yang berisi tentang tips bagaimana cara menjaga dan merawat kamera Digital dan & DSLR, berikut artikelnya.

Merawat Kamera digital atau DSLR merupakan kewajiban untuk setiap fotografer. Hal ini dikarenakan kemera merupakan senjata utama andalan fotographer . Tentunya setiap fotografer menginginkan kondisinya selalu dalam keadaan terbaik.
Hal ini dikarenakan Harga kamera digital DSLR yang relatif mahal menjadikan perawatan kamera menjadi hal yang WAJIB, agar kita tidakmengeluarkan uang tambahan untuk melakukan perawatan maupun perbaikan ke jasa service kamera. Berikut adalah beberapa caranya :

  • Bersihkan Body Kamera / Lensa setelah habis digunakan

Gunakan perlalatan yang sesuai seperti blower, Lap lensa, LENSPEN dll. Pastikan kamera bersih dari debu, pasir dan air. Untuk OPTIK lensa harus menggunakan lap kusus, agar tidak baret, contoh bisa menggunakan LENSPEN

  • Selalu tutup lensa dengan CAP kalau tidak digunakan

Menutup lensa dengan lens Cap ketika kamera tidak digunakan adalah sangat penting. Hal ini berfungsi untuk mengurangi adanya debu dan air yang bisa masuk ke lensa, maupun mencegah benturan filter lensa dengan benda benda lain.

  • Jaga Kelembapan

Masalah yang sering dihadapi ketika hobi fotografi adalah Lensa / sensor berjamur. Hal ini dikarenakan cara penyimpanan yang kurang benar, kelembapan terlalu tinggi sehingga menimbulkan jamur pada lensa atau sensor.

Cara mengatasinya gimana?

Jaga kelembapan – Simpan didalam Dry Box & jangan lupa di kasih SILICA GEL, untuk kelembapan udara yang dianjurkan adalah berkisar antara suhu 30-50 derajat. Buat yang yang masih belum punya DRY BOX bisa menggunakan Tupperware.

  • Ganti Lensa ditempat kering & bersih

Salah satu hal yang harus diperhatikan lagi adalah cara penggantian lensa. Penggantian lensa bisa dikatan sepele tapi juga harus berhati hati, kita harus memperhatikan tempat. Hindari tempat yang banyak debu. hal ini dikarenakan untuk menjaga dari DEBU atau PASIR yang bisa masuk ke LENSA atau kamera.

  • Selalu bawa tas kusus untuk kamera DSLR

Biasakan selalu membawa kamera DSLR dengan tas khususnya. Selain lebih aman, metode ini lebih effisien tas khusus kamera memiliki desain khusus, dengan ruang khusus untuk menyimpan lensa cadangan,  filter, dan tools memotret lainnya.

  • Gunakan Filter untuk melindungi lensa

UV filter merupakan pilihan untuk melindungi lensa tanpa mempengaruhi hasil jepret, memasang filter pada lensa akan memudahkan dalam memberishkan debu. Berbeda dengan membersihkan lensa secara manual yang membutuhkan tingkat ketelitian tinggi dengan ekstra hati-hati. Selain itu anda tidak perlu bolak-balik membuka tutup lens cap begitu selesai jepret. Jika filter terpasang, tidak perlu khawatir membiarkan kamera tanpa lens cap, sepanjang durasinya tidak terlalu lama.

  • Pasang Screen Protector pada LCD

Screen protector barangkali sepele, namun hal ini sangat berguna dalam perawatan dasar kamera DSLR. Fungsi Screen protector adalah sebagai pelindung LCD dari goresan, Layar LCD yang tergores tentu mengganggu fungsinya saat menampilkan gambar. Selain itu LCD yang tergores akan mengurangi harga jual jika suatu saat ingin menjualnya.

  • Perhatikan perawatan Baterai

Kebanyakan kamera DSLR menggunakan baterai jenis Li-Ion, untuk perawatannya sendiri perlu diperhatikan :
– Jangan membiasakan mengosongkan baterai baru di charge, sebaiknya jika daya tinggal 5-10% langsung charge saja.
– emakin banyak baterai di charge, semakin berkurang pula kapasitas total baterai tersebut. Biasanya jangka hidup normal baterai Li-Ion adalah antara 300 sampai 500 kali charge.

  • Gunakan LENS HOOD

Fungsi lens hood bukan semata-mata membuat kamera terlihat menarik, melaiknkan untuk mencegah cahaya yang belebih masuk ke sensor, dalam jangka panjang bisa merusak sensor kamera terlebih saat terik matahari.

  • Lepaskan Baterai & lensa dari body saat disimpan

Melepaskan baterai dan lensa saat disimpan, terutama untuk penyimapan yang lama cukup penting. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya aliran listrik yang terus menerus ke kamera untuk waktu yang lama, yang bisa menyebabkan kerusakan fungsi elektrik pada kamera.

Yarza Aprizal

Yarza adalah seorang Kemahasiswaan di STMIK-POlTEK PalComTech

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Shares