Menghitung Inverse Matriks di Excel

Seringkali kita butuh perhitungan inverse matriks terutama untuk kepentingan-kepentingan analisis I-O dan perhitungan-perhitungan statistik-matematik-ekonometrik. Perhitungan inverse matriks secara manual akan sangat membosankan dan memakan waktu lama (terutama jika matriksnya berukuran besar).

Sebenarnya Microsoft Excel sudah menyediakan fasilitas perhitungan inverse matriks. Tetapi ketika kawan-kawan menggunakannya, mereka kebingungan karena hasil inverse yang keluar hanya satu angka. Padahal seharusnya ukuran inverse matriks sebesar ukuran matriks aslinya.

Berikut ini diberikan tip sederhana untuk menampilkan keseluruhan nilai inverse. Mudah-mudahan bisa berguna.

1. Input matriksnya , misalnya matriks  3 x 3, yang misalnya kita tempatkan di worksheet pada range B2 : D4 seperti tampilan berikut:

Setelah menginput matriks, letakkan pointer (kotak hitam tebal seperti di gambar), pada sel tempat hasil invers yang kita inginkan. Pada gambar, kita tempatkan di sel F6.

2. Sekarang ketik =MINVERSE(B2 : D6). MINVERSE adalah nama dari  fungsi inverse. Sedangkan (B2 : D4), karena data matriks terletak di range B2 : D4. Setelah itu tekan ENTER. Akan keluar hasil inverse matriks seperti berikut:

Nah inilah yang sering membingungkan pengguna Excel. Karena inverse matriks seharusnya ukurannya sama dengan matriks aslinya. Dalam contoh kita, jika matriks 3 x 3 (dengan 9 angka), juga akan menghasilkan inverse matriks 3 x 3 (dengan 9 angka).

Sebenarnya, Excel sudah menghitung keseluruhan nilai inverse. Hanya saja yang baru ditampilkan adalah angka pertama saja. Untuk menampilkan keseluruhan angka inverse, lakukan tahapan berikut:

3. Pindahkan kembali pointer kita ke angka hasil tadi (dalam kasus kita angkanya 2.1). Kemudian blok sel worksheet sebanyak 3 x 3 (dalam kasus kita), dimulai dari angka inverse pertama tersebut, seperti dalam gambar dibawah ini.

Sekarang klik (letakkan kursor) ke sesudah tanda = dari fungsi MINVERSE kita tadi (di kotak kosong setelah icon fx. Kemudian tekan tombol  CTRL dan SHIFT. Tahan dan tekan ENTER.  Inverse matriks kita sudah lengkap seperti gambar dibawah ini.

sumber : http://junaidichaniago.wordpress.com dengan pengubahan seperlunya.

Media Center

Media Center merupakan sarana komunikasi dan interaksi warga belajar PalComTech.

2 comments

  1. hmmm…hasil ahir blm ada dch gmbrny…

  2. ehhmmm.. like mine :angel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco