Menghitung Secara Automatis Nilai Siswa di Excel

Kerap kali guru sering kebingungan bagaimana tabulasi nilai-nilai siswa mereka yang tidak berurutan. Mau tidak mau ada yang masih menggunakan cara lama yaitu menginput dan tabulasi nilai satu persatu. Padahal kalau kita menggunakan alat bantu justru akan sangat membantu kita memberi nilai terhadap siswa dan dijamin akurat dan cepat. Tips ini sangat mudah untuk dipraktekkan, kita hanya butuh program aplikasi Microsoft Excel untuk dapat menghitung secara otomatis nilai siswa. Mudah-mudahan tip dan trik menghitung di Excel ini dapat bermanfaat.

Misalnya kita punya tiga komponen penilaian yaitu tugas/kuis, mid semester dan semester. Misalnya juga komposisi masing-masing komponen untuk nilai akhir adalah : Nilai akhir = (tugas/kuis + mid + 2 x semester)/4. Selanjutnya, dari nilai akhir yang berbentuk angka tersebut ingin dijadikan nilai dalam bentuk huruf dengan kriteria:

80 – 100    = A

75 – 79.9   = B+

70 – 74.9   = B

65 – 69.9   = C+

60 – 64.9   = C

55 – 59.9   = D+

50 – 54.9   = D

0 – 49.9   = E

Maka lakukan tahapan-tahapan berikut:

1. Misalnya di kolom A untuk no, kolom B untuk NIM, kolom C untuk nama mahasiswa, kolom D untuk nilai tugas/kuis, kolom E untuk nilai Mid Semester dan kolom F untuk nilai semester. Misalnya juga kita mulai menulis di baris ke tujuh untuk mahasiswa pertama. Isikanlah secara berurut no, NIM, nama, nilai tugas/kuis, mid, dan semester.

2. Setelah selesai mengisi semua data tersebut, pada kolom G baris ke 7 (sel G7), tuliskan rumus berikut: =(D7+E7+2*F7)/4. Copy ke bawah sampai batas akhir mahasiswa. (Catatan: tentunya rumus ini bisa dirubah tergantung komposisi penilaian yang digunakan)

3. Selanjutnya pada kolom H baris ke 7 (sel H7), tuliskan rumus berikut:

=IF(G7<50,”E”,IF(G7<55,”D”,IF(G7<60,”D+”,IF(G7<65,”C”,IF(G7<70,”C+”,IF(G7<75,”B”,IF(G7<80,”B”,”A”)))))))

Copy kebawah sampai batas akhir mahasiswa. (Catatan: rumus ini bisa dirubah tergantung skala penilaian)

Selesai, dan kita langsung mendapatkan nilai angka dan nilai huruf mahasiswa. Simpan file tersebut, dan untuk setiap semester berikutnya, anda tinggal ganti angka nilai mahasiswa (tugas/kuis, mid, semester) tanpa harus membuat rumus lagi, dan hasilnya langsung keluar secara automatis.

sumber : http://junaidichaniago.wordpress.com dengan pengubahan seperlunya.

Media Center

Media Center merupakan sarana komunikasi dan interaksi warga belajar PalComTech.

5 comments

  1. Kalau kondisinya ada lebih dari 7 gimana?

  2. untuk kondisi lebih dari 7 (tujuh) maka fungsi IF sudah tidak efisien lagi.

    Kombinasi fungsi IF dan Lookup mungkin lebih efektif.

  3. trims ats msukannya, sgt bmanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco