Trik Mengetik 10 Jari (Typing)

Untuk membangun suatu keterampilan mengetik, seringkali ada pertanyaan bahwa mana yang lebih tepat mengetik dengan pelan tetapi tepat dalam tulisan atau mengetik dengan ketepatan tinggi tetapi banyak yang salah?

Proses mengetik biasa disebut typing, adalah suatu proses seorang user dalam menggunakan keyboard sebagai fasilitas untuk mengetik data yang pasti cepat dan tepat dan diefektifkan mengunakan sepuluh jari tangan untuk mengetik.

Sebelum melakukan pengetikan, hendaknya kamu harus mengetahui posisi yang benar diwaktu mengetik. Adapun posisi yang benar ketika mengetik adalah:

1. Pusatkan pandangan mata kamu mengarah pada bagian sisi atas screen atau monitor kamu Ingat jangan melihat keyboard saat kamu mengetik.

2. Duduklah dengan badan tegap, jangan membungkuk atau tangan terlalu menumpu pada meja.

3. Tangan kanan dan tangan kiri diletakkan diatas tombol keyboard.

4. Kaki rileks tegak seperti tegaknya kaki pada meja.

Setelah melakukan perintah di atas, ada baiknya jika kamu juga mengenal bagaimna cara kamu memposisikan kedua tanganmu di keyboard. Sebelumnya aku jelasin dulu ya , apa itu keyboard. Keyboard adalah sebuah papan ketik, mirip-mirip seperti mesin ketik konvensional akan tetapi lebih dilengkapi dengan tombol-tombol lainnya yang dipergunakan secara khusus untuk mengoperasikan sistem pada kamputer. Sebagian dari papan ketik di keyboard disebut juga dengan typewriter keys. Nah setelah kita mengetahui apa itu keyboard sekarang Silakan ikuti Petunjuk mengunakan keyboard dalam praktek Typing.

1. Left hand and Right hand.

Gunakanlah kedua tangan kamu yaitu tangan kiri dan kanan saat kamu dalam berlatih typing dengan keyboard.

2. Home Keys

Home Keys disebut juga home base atau guide keys. Yang merupakan posisi sentral jari-jari kamu saat mengetik. Posisi home base diperuntukkan saat kamu mencari tombol lain selain dari posisi home base karena letak tombol selain itu adalah sifatnya relatif. Pada saat kamumelakukan pengetikan posisikan selalu jari tangan kamu pada posisi home base ini.

Home base masing-masing jari di tiap tangan adalah :

Secara lengkap penempatan masing-masing jari saat menekan typewriter keys dalam keyboard adalah sebagi berikut :

1. Tombol Enter

Pastikan jari kamu berada pada home keys, tombol enter seharusnya ditekan dengan menggunakan jari keempat tangan kanan kamu atau jari kelingking tangan kanan kamu. Tombol Enter ini dipakai untuk ganti baris atau ganti dalam mengetik naskah.

2. Tombol SPASI

Spasi digunakan untuk memberi jarak antar dalam penulisan, tombol spasi ditekan mengunakan jari di masing-masing tangan. Tetapi digunakan satu ibu jari saja.

3. Lower case dan Upper Case

Beberapa tombol terkadang dipakai untuk satu atau lebih karakter, anda dapat melihat perbedaannya ketika melakukan latihan mengetik misal huruf kecil ataupun besat, sebagai contoh karakter khusus seperti (!, ?, @.%, & dan lain sebagainya)

Untuk mengetahui karakter yang berada disisi atas, tekan tombol Shif dengan mengunakan jari kelingking didikuti menekan tombol yang dinginkan,tekan tombol SHIF kiri jika tombol yang ditekan berada di jangkauan jari tangan kanan, demikian sebaiknya gunakan tombl shift kanan jika tombol yang ditekan berada di jangkauan jari tangan kiri.

Oke, nah udah pada tau kan , posisi mana seharusnya jari-jari kita di letakkan pada keyboard. Kalau udah tau sekarang dibiasain dech dengan mengefektifkan 10 jarimu , tangan kiri dan tangan kanan. pelan-pelan asal selamat . JJ tapi, supaya gak terjadi insiden yang tidak diinginkan, baiknya kita ikuti Tips and Trik dalam mengetik berikut ini :

Awali kegiatan mengetik kamu dengan pemanasan lebih dahulu pada kedua tanganmu, agar tidak menimbulkan cedera.  Ini adalah cara melakukan pemanasan pada jari-jari kamu :

1. Letakkan salah satu telapak tangan diatas meja dengan seluruh jari tangan anda berada pada bidang datar meja, dengan mengunakan satu tangan yang lain regangkan satu persatu jari tangan anda dalam hitungan 1 sampai 8

2. Silangkan kedua belah jari jari masing masing tangan anda kemudian tarik ke arah bawah agar terjadi regangan ditelapak tangan anda. Lakukan dengan hitungan 1 sampai 8 juga

3. Masih dalam posisi yang sama seperti gengam dengan erat pada saat kedua telapak tangan mu masih bersilangan. Lakukan dari hitungan 1 sampai 8.

Udah dipraktekin kan petunjuk di atas, dijamin dech tanganmu gak kan cidera pada waktu mengetik.

Ada lagi nich beberapa tips dan trik ketepatan dalam mengetik (accuracy)

a. Bila kamu memposisi jari-jari kedua tangan kamudi keyboard pada posisinya dengan tepat maka kemungkinan kesalahan dalam penulisan akan cenderung lebih kecil.

b. Tiap kali menuliskan sebuah karakter , sangat penting untuk mengembalikan posisi jari kamu ke home base , tombol lain akan berada diposisi relatif dari home keys jika anda mencarinya.

c. Saat kamu menulis , bayangkalah posisi tombol-tombol pada keyboard di fikiran kamu karena dengan membayangkannya nantinya akan banyak diperlukan dalam membangun kecepatan dan akurasi.

d. Mengetik dalam waktu lama membuat anda jenuh dan cepat lelah untuk pertama kalinya. Kelelahan jari akan mengakibatkan kurang ketepatannya. Maka istirahatlah dulu sejenak untuk melanjutkan ke berikutnya

e. Mengetik dengan cepat biasanya menghasilkan banyak kesalahan jadi fokuslah pada ketepatan lebih dulu, dengan ketepatan maka secara otomatis akan dicapai tingkat kecepatan yang anda inginkan seiring berjalan waktu dan latihan terus menerus.

Bagi kamu yang sudah melewati langkah di atas barulah kita menuju langkah selanjutnya yaitu memahami kecepatan dengan baik. Adapun tips and trik kecepatan dalam mengetik (speed) yaitu :

1. Sebenarnya Cuma 1 kunci aja kalau kamu bisa mempertahankan ketepatan dalam mengetik secara otomatis dapat meningkatkan frekuensi kecepatan kecepatan kamu dalam mengetik.

2. Jagalah posisi jari kamu, usahakanlah selalu berada pada keyboard dan dengan ritme yang tetap terjaga, maka kamu dapat lebih meningkatkan lagi kecepatan mengetik.

3. Bayangkanlah huruf atau kata yang kamu tulis di dalam fikiran kamu sebelum kamu mengetiknya.

4. Latihan secara kontinyu dengan beraneka tema atau masalah dapat memotivasi kamu untuk menambah porsi ketepatan dan kecepatn kamu dalam mengetik.

khoirunnisah

Khoirunnisah, S.IP bekerja sebagai staff pengajar di LKP PalComTech Lahat. Bidang materi yang diajarkan adalah office, desain grafis, desain web, desain animasi dan pemrograman

16 comments

  1. Thanks infonya mbak Nisa …
    Main2 ke web saya mbak…makasih..

  2. wah..!!hebat ya kalo ampe mahir….

  3. trima kasih atas tips nya :)

  4. rhea Piutri Soeratman

    TErima kasiHh atass info nya……..
    :))

  5. wah akhirnya ketemu juga caranya disini :)

  6. jiaaah mbak nissa ekssisssss posting di web,,, mbak aq izin copast y di web aq. kan qte kance hehehe..thanks before :)

  7. sangat membantu informasinya,, thanks ya ?? bro ??,

  8. Mksih bnyak ya ats infonya

  9. saya hampir bisa,
    makasih byk ya sudah mengajari ngetik yang benar dan super cepat

  10. SIP…..

  11. BRAVO. mungkin dengan tips ini kita semua Bisa menjadi pengetik tercepat didaeragnya masing – masing (he.. he…) namun, saya beri saran ya agar tipsnya lebih mantap lagi klo bisa ditambah tutorial video atau gambar walau animasi!

  12. semua ny minta tolng donggggg

  13. Coba juga deh yg pernah saya lakukan (Typing Speed sy skrang 9-10 Lembar Teks/Jam !)

    1. Hafal Base Position –>Kiri : ASDF dan Kanan : ;LKJ (mulai kelingking)
    2. Kuasai posisi Key dengan menghafal urutan keyboard baris atas dan bawah dengan kalimat :
    baca & ingat–>atas :QWERTYUIOP, trus bawah : ZeXCeVBeNeM (e lemah utk pelafalan aja..)
    3. Gerakkan jari terdekat dengan base position saat mengetik huruf yg diinginkan. (bayangkan saja n jgn diliat)
    Misal : Saat ingin mengetik huruf Z, maka gerakkan Kelingking Kiri miring dikit ke kiri bawah..! atau Huruf N : telunjuk kanan miring dikit ke kanan bawah, dst…!
    4. Jangan stress karena lambat sekali.. yg membuat anda kembali ke posisi 11 jari !
    5. Install Software Typing di Kompi anda dan usahakan latihan tiap hari. Bisa karena biasa !
    6. Bayangkan wajah saya :alay atau mbak khoirunisah jika rasa malas anda muncul.. n selamat mencoba !

  14. This makes for provision for me to become more propesional.
    Thank you very much.!

  15. thank you for your information . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>