4 Kerusakan Komponen yang Sering Terjadi pada Power Supply

Di artikel sebelumnya pernah dibahas cara gampang cek power supply, kali ini penulis akan membahas tentang kerusakan-kerusakan komponen yang sering terjadi pada power supply komputer.

Power supply adalah komponen yang digunakan untuk memberikan catudaya pada komponen-komponen yang ada di komputer, diantaranya untuk motherboard, prosesor, hardisk, cd/dvd drive, floppy disk drive dan lain sebagainya. Maka jika power supply bermaslah, maka tidak aka nada tanda-tanda kehidupan pada komputer kita.

Ada beberapa komponen yang sering kali bermasalah pada power supply, diantaranya :

  1. Kapasitor
  2. Resistor
  3. Sekring
  4. Gate
  5. Diode

Berikut langkah-langkah mengecek kerusakan komponen yang ada pada power supply :

Langkah 1

Lepas power supply dari tempatnya, lalu buka tutup power, lihat apa ada kerusakan yang terlihat diantaranya kondensator melembung, resistor terbakar. Kita juga dapat mengeceknya menggunakan ohm meter.

Langkah 2

Coba cek sekring putus atau tidak, cek menggunakan ohm meter dengan skala ukur 1Xohm, jika putus kita dapat menggantinya atau jika belum ada penggantinya, kita dapat memasang sehelai kabel halus dikaki sekring tersebut (cara ini sementara saja).

Langkah 3

Jika sekring masih dalam keadaan baik, dan tidak ada tanda-tanda terbakar, kita dapat pindah mengecek komponen yang lainn. Berikutnya cek 4 dioda menggunakan avo meter, sesuaikan posisi positif dan negatif diode dengan avo meter (garis putih untuk posisi positif dan yang tidak ada garis untuk posisi negatif).

Langkah 4

Berikutnya cek gate power switch yang nilainya 1 Mohm dan dipasang parallel.

Langkah 5

Jika komponen-komponen tersebut dipastikan rusak, kita dapat menggantinya dengan komponen yang baru (dengan catatan nilai komponen sama). Setelah komponen yang rusak diganti, coba shortkan kabel warna hijau dan warna hitam yang dikonensikan dengan motherboard (seperti artikel sebelumya) jika kipas berputar, maka power supply sudah berfungsi kembali dengan baik.

Langkah 6

Jika kipas masih belum bisa berputar, berarti masih ada komponen yang rusak, coba cek kembali IC, Transistor lainnya lebih teliti lagi.

Selamat mencoba :)

Mei Sutrisno

Mei bekerja sebagai Kepala Cabang PalComTech Baturaja

11 comments

  1. Yee………….
    Dosen Kuu MAsugK Web PalComTech Student Portal….

    kwkwkwk
    :D

  2. yakin nih cuma itu aja, kalo tegangan yg 5 Volt & tegangan yg lainnya normal, apa tuh yg rusaknya

  3. trus cara benerinya gimana kk :D

  4. Sayangnya, di daerah kami pengganti komponen rusak pada PSU masih sangat langka. Komponen Elektronika Khusus untuk Power Supply Komputer seperti transistor, masih belum ada yang sediakan.

  5. caRa mEmpErbaiKix gMana niECkh……!!!

  6. boleh nanya gak kerusakan yang sering terjadi pada resistor itu apa aja?
    trims

    • hallo,,, aku mw tanya nih komponen power supply kn ada yg 24 komponen misalkan gk di pke semua misalkan cmn di pke 20 komponen j itu gmna ??
      kn kalau di pke semua mati, v kalo di pke cmn 20 komponen nyala lagi,, kndala nya dri apa ???

  7. Malam Mas…Saya Juga Mau Nanya Neeh…. Power Suplly Receiver Saya Merknya NewSat…Nah Saya Saya Tanyakan Adalah…Dioda UF 5404 nya Panas Sekali Dan Dioda Ini Berhubungan Dengan Tegangan Yang Keluarannya 5 Volt….Kenapa Bisa Terjadi Seperti Itu Ya Mas…???? Terima KAsih Sebelumnya….

  8. kalo gitu sih..biasa…
    maksudnya detail kompone di rakit…

  9. Mas mau taya power supply aq itu bisayalah kalau d ketok berapa kali tapi juga bisa mati lagi kalau diketok tolong kasih tahu komponen apa yg rusak

    • kemungkinan itu ada kabel2 ada yang kendor gan, bisa jadi karena bagian yang disoldernya sudah tidak menempel dengan sempurna. Ada baiknya di lakukan pengecekan komponen juga, seperti yang disebut oleh mas mei sutrisno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco