Akses E-Journal Dikti

Guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan riset di perguruan tinggi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional memberikan akses ke khasanah pengetahuan dunia yang terkini melalui jurnal ilmiah dan bahan pustaka digital secara nasional. Kurangnya publikasi mahasiswa dan dosen di jurnal ilmiah internasional di antaranya adalah karena kurangnya akses ke khasanah pengetahuan dunia yang up to date melalui jurnal-jurnal ilmiah internasional. Karena tidak ada akses ke jurnal ilmiah terbaru, maka sering kali pembelajaran dan penelitian di perguruan tinggi ketinggalan jaman. Banyak penelitian yang dilakukan dosen dan mahasiswa sudah kadaluarsa sehingga hasil karya tulisnya tidak bisa masuk dalam publikasi internasional. Demikian pula dengan inovasi yang dihasilkan, karena tidak ada akses yang baik atas riset dan perkembangan terkini, maka invensi dan inovasi yang dihasilkan para dosen sulit untuk bisa mendapatkan paten. Pada akhirnya harapan masyarakat agar perguruan tinggi bisa berperan dalam pengembangan iptek dan daya saing nasional tidak tercapai.

Dengan kemajuan teknologi informasi, saat ini sebagian besar jurnal internasional terkemuka sudah tersedia dalam bentuk media digital (e-journal) demikian pula dengan terbitan ilmiah seperti theses dan disertasi. Melalui media digital, informasi terkini bisa diperoleh dengan sangat cepat, kapan saja dan di manapun juga selama ada akses ke internet. Melanggan jurnal dan bahan pustaka lain dalam bentuk digital juga lebih murah dan lebih ramah lingkungan karena tidak perlu mencetak dan tidak ada biaya pengiriman.

Mengingat bahan pustaka, terutama jurnal ilmiah, merupakan jantung bagi pengembangan pendidikan tinggi, maka sangatlah perlu bagi warga perguruan tinggi untuk mendapat akses ke bahan pustaka terkini. Hanya dengan itulah, maka perkembangan riset dan pembelajaran akan bisa up-to-date dan kemajuan pengetahuan akan dapat dicapai.

Berikut akses e-journal yang disediakan Dikti :

1. ProQuest, mencakup bidang ilmu : Agama, lmu Sosial, Pertanian, Sains dan Seni

Alamat akses : http://www.proquest.com/pqdweb

2. EBSCO, mencakup bidang ilmu : Teknik, Bisnis, dan Kedokteran

Alamat akses : http://search.epnet.com/

3. Cengage, mencakup bidang ilmu : Sains, Pendidikan, dan Ilmu Sosial

Alamat akses : http://www.infotrac.galegroup.com/itweb

Untuk mengakses e-journal tersebut dibutuhkan username dan password yang telah diberikan oleh Dikti untuk masing-masing perguruan tinggi. Bagi mahasiswa dan dosen yang ingin mengakses e-journal tersebut dapat menanyakan username dan password ke bagian LPPM. Dosen dan mahasiswa diharapkan dapat memaksimalkan pemanfaatan akses e-journal.

LPPM STMIK-POLTEK PalComTech

LPPM adalah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Berdiri dibawah naungan Ketua/Direktur STMIK-Politeknik PalComTech

5 comments

  1. it is really empowering

  2. id sama password ny apa,,

  3. id sama password ny apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>