Instalasi Perangkat Lunak di Ubuntu Linux

Kemarin-kemarin telah ada artikel tentang bagaimana cara mencoba Ubuntu Linux secara Live (live-cd/live-usb), dan menginstallnya di dalam windows. Nah, sekarang kita akan belajar tentang instalasi paket/aplikasi di Ubuntu linux. Untuk dapat menginstal paket/aplikasi, Ubuntu kita harus telah terinstall, tidak bisa dalam bentuk live-cd/live-usb. Maka, syarat minimal untuk install paket di Ubuntu adalah: Ubuntu-nya telah terinstall. Baik terinstall di dalam Windows ataupun di install di partisi tersendiri.

Di linux, paket/aplikasi yang ingin kita install biasanya telah terkonsentrasi di satu tempat/situs. Dengan beberapa tambahannya di beberapa situs lain. Jadi bila kita ingin menginstall paket/aplikasi kita tinggal menunjuk ke tempat tersebut, pilih aplikasinya, dan tekan install. Semudah itu. Berbeda dengan cara instalasi di Windows yang mana kita harus hunting (mencari) aplikasi-aplikasi yang tersebar di internet.

Contoh kasus: Bila saya ingin menginstall Mozilla Firefox, Openoffice.org, putty, filezilla, dsb di Windows. Langkah pertama adalah (karena punya koneksi internet) buka google dan cari situs yang menyediakan download aplikasi tersebut. Setelah itu, download aplikasi-aplikasi tersebut, dan terakhir menginstallnya. Nah, kalo di linux, kita tinggal membuka Paket manager yang telah tersedia, cari paket-paket di dalamnya yang ingin kita install, pilih, dan install.

Bila Anda masih lebih suka cara instalasi di windows, perlu diketahui bahwa Windows 8 nanti akan menggunakan cara serupa, rumornya. Windows mencontek Linux? Ya, mengapa tidak? Kemajuan dalam bidang desktop yang kita rasakan sekarang ini adalah hasil dari contek-mencontek, atau dalam bahasa halusnya, berbagi ilmu (walau bila linux yang mencontek windows terkadang diperkarakan secara hukum).

Berikut adalah cara instalasi paket/aplikasi di Ubuntu (lewat synaptic).

Langkah 1

Buka synaptic: System > Administration > Synaptic Package Manager.

Langkah 2

Tunjuk darimana kita akan menarik paketnya di menu bar: di menubar Settings > Repositories.

- Offline (dari cd/dvd): di bagian Other Software, tekan tombol Add CD-ROM… kemudian tinggal ikuti perintahnya.

- Online (dari internet. Disarankan situs dalam negeri, agar cepat download paketnya): di bagian Other Software, tekan tombol Add, isi source list-nya (lengkapnya dapat dilihat di bagian *).

Contoh: deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu lucid main multiverse universe restricted

deb artinya paket binary. http://kambing.ui.ac.id/ubuntu adalah nama situs yang menyediakan aplikasi/paket. lucid adalah kode ubuntu (kode ubuntu 10.04 adalah lucid lynx. Diambil nama depannya, yaitu lucid). main multiverse universe restricted adalah pengelompokan apliasi/paket. Contoh: paket main adalah paket utama yang langsung ditangani oleh tim ubuntu, paket restricted adalah paket yang dibatasi hak penggunaannya oleh vendor yang menyediakan paket/aplikasi tersebut.

Langkah 3

Nantinya sistem akan meng-update info paket terbaru secara otomatis. Pilih paket mana yang ingin diinstall dengan tombol Search. Dalam contoh ini, saya memilih paket blender + yafray (aplikasi 3D modeller, mirip maya3d atau 3dmax. Untuk memilih, klik 2x atau klik kanan dan pilih Mark For Installation.

Langkah 4

Tekan tombol Apply atau kombinasi tombol CTRL+P, yang akan memunculkan kotak dialog konfirmasi. Kemudian tekan Apply sekali lagi.

Catatan: Anda dapat menggunakan bagian Section (kiri-bawah) yang ketika diklik kiri akan menampilkan kategori aplikasi/paket di kiri-tengah. Begitu tulisan kategori tersebut (misal: Graphics) diklik kiri, akan muncul aplikasi-aplikasi/paket-paket yang terkelompokkan berdasarkan kategori tersebut, di bagian utama.

Berikut adalah cara instalasi paket/aplikasi di Ubuntu (lewat ubuntu software center):

Langkah 1

Buka ubuntu software center: System > Administration > Ubuntu Software Center.

Langkah 2

Pilih paket mana yang ingin diinstall (dalam contoh ini, saya memilih paket blender + yafray (aplikasi 3D modeller, mirip maya3d atau 3dmax). Kemudian tinggal menekan tombol Install dan ikut petunjuknya.

Catatan: Anda dapat memakai fasilitas pencarian (sudut kanan atas) untuk mencari paket bila Anda telah tahu paket apa yang ingin diinstall (lebih menghemat waktu).

Untuk menghilangkan aplikasi/paket yang telah terinstall, gunakan cara yang sama. Bila saat instalasi, ada pilihan untuk install/mark paket tersebut, maka ketika ingin menghilangkan paket tersebut yang muncul adalah pilihan untuk Remove/Unmark.

* daftar source yang ada di Indonesia (koneksi cepat):

  • http://ubuntu.indika.net.id
  • http://kambing.ui.ac.id/ubuntu
  • http://repo.ugm.ac.id/ubuntu
  • http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/
  • http://mirror.unej.ac.id/ubuntu
  • ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu (agak lambat)

** daftar paket/aplikasi yang umum digunakan

Nama Paket Deskripsi Padanan di Windows
Mozilla Firefox, Opera Web browser idem
Openoffice.org Aplikasi perkantoran Microsoft Office Suite
Inkscape Pengedit Vector Adobe Illustrator, Corel Draw
Gimp Pengolah Gambar Bitmap Adobe Photoshop
Blender + Yafray Pemodel 3D Maya 3D, 3dMax
Geany, gedit, kwrite Advanced text editor Notepad++, phpcoder, editplus
Unrar, rar, 7z, zip, unzip Aplikasi kompresi data 7zip, winrar, winzip
Amarok, rythymbox, banshee Pemutar musik WMP, winamp
Smplayer, vlc, totem Pemutar video PowerDVD, WMP, vlc

Tonny Sofian

Tonny bekerja sebagai pengajar di LKP PalComTech Jambi. Bidang materi yang diajarkan adalah pemrograman seperti PHP & MySQL serta Linux.

10 comments

  1. Mantap………..sip deh pak…..artikel bapak ngelanjuti artikel2 lainnya ttng ubuntu…..entar boleh tanya2 ya pak…….mklum masih cupu ma linux……^_^

  2. pak,,,, nanti kasih tau lagi yah tentang linux……
    sebab… aku nggak tau sama sekali….cara menggunakan linux…..
    pengen belajar lebih banyak lgi…..

    makasih pak dau tau tentang bahasa linux….
    cara menginstal softwarenya…

  3. @Sukur: Sip.. silakan tanya, kalau ada yang tidak mengerti. Kita sama-sama belajar di sini ;).

    @Rie: Ok, no problemo.. Bisa dibaca juga artikel-artikel sebelumnya (instalasi di atas windows, atau livecd/liveusb). Kalau mau coba-coba, bisa minta kok, cd nya sama instruktur di Palcomtech :).

  4. mas….di fedora 13 ato linux, apa bisa diinstal microsoft office 2003/2007….

  5. Gian Pratama (Mr.Cikiepaw)

    nice shared gan . .

    btw, ane belum belajar (masih nubie)tentang LINUX . . tapi nggak ada salahnya ijin nyimak gan. .

    :D

  6. @iwan: waduh, sorry kelamaan baru dibalas :p. Kalo mau install office di linux, kamu bisa install wine dulu, baru install MS office nya.

    @gian: sip2.. silahkan2..

  7. Akhiir’aa dapaat jugaa tutoriaL inii..
    :)

  8. hehehe, sering install langsung dari USC (Ubuntu Software Center).. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco