Membuat Foto IR dengan Photoshop

Apa itu foto IR?

Foto IR (Infra Red) adalah salah satu jenis foto yang selalu bikin saya kagum sekaligus penasaran…. pengen banget nyoba foto IR, soalnya warna ijo daun berubah jadi warna coklat atau putih seolah-olah daun-daun itu pada kering dan ngasih efek yang membuat foto itu seolah-olah dari dunia lain!!! Foto yang simpel pun bisa jadi keliatan beda kalau pakai filter IR. Dengan menggunakan IR Filter didepan lensa camera atau dengan oprek camera menjadi IR, kita bisa menghasilkan foto IR yang sangat menarik. Cuma kalo kita gak punya IR Filter atau kamera yang bisa dioprek jadi IR gimana dong?

Penasaran kan cara bikin efek foto IR dengan photoshop? Simak yuk tutorial saya kali ini. Dalam tutorial ini saya mencoba mencoba membuat foto biasa yang di foto pakai kamera biasa pula menjadi seperti Efek IR di Photoshop, yah walau nggak sebagus kalau kita motret pakai filter IR. Setidaknya lumayanlahh buat foto tampak IR-IR-an sampai kita punya kamera dan filter IR beneran hehehe.

Langkah 1

Seperti biasa kita buka program Photoshop, lalu bukalah foto yang akan digunakan untuk mengedit efek IR.

Langkah 2

Klik menu Layer – New Adjustment Layer – Channel Mixer – Ok

Langkah 3

Pada Output Channel RED, ubah Red = -39, Green = +148, Blue = –14, nah sekarang udah kelihatankan perubahannya? Sebenarnya untuk pengaturan Output Channelnya nggak terpatok harus selalu menggunakan nilai diatas, tapi tergantung pada warna dan cahaya pada foto kita. Jadi coba geser dan cari nilainya hingga mendapatkan warna yang diinginkan.

Langkah 4

Selanjutnya jika kita ingin mencari Tone IR yang berbeda pada Output Channel Blue ubah Red = -16, Green = +154, Blue = +1, maka akan menghasilkan warna yang berbeda pula, seperti gambar dibawah ini.

Langkah 5

Langkah selanjutnya, menghapus bagian gambar yang tidak kita inginkan ada perubahan warna pada bagian gambar tersebut dengan cara klik Brush Tool (B), pastikan warna Foreground hitam, atur nilai Opacity Brush pada Option Tool, dan aktifkan pada layer masknya, kemudian hapus pada bagian gambar yang diinginkan.

Untuk pengeditan lebih lanjut kita bisa menggunakan Selective Color, Curves, dan Hue/Saturation hingga menghasilkan warna yang diinginkan, hasilnya seperti contoh gambar dibawah ini. Selamat mencoba dan mudah-mudahan bermanfaat.

Andi Yuslain

Andi bekerja sebagai staff pengajar di LKP PalComTech Jambi. Bidang materi yang diajarkan adalah desain grafis seperti Photoshop dan Corel Draw.

13 comments

  1. wizzzt mantep mas buat t4 foto pra wed… keren designnya

  2. makasih mbak miftah… :)

  3. beeeee.. make Mac..

  4. aii pak anggi ne ngejeeeek hehehe.. cuma theme aj pak kemaren nyoba2 untuk win 7

  5. ooo.. ada toh.. kirain make Mac beneran :D

  6. ia ada pak anggi.. hehe

  7. nice kk , thx ilmu singkatnya

  8. thank infonya……….
    ^_^

  9. pantastis, thank for ilmunya ya mas…

  10. Thanks buat infonya.
    sangat bermanfaat :)

  11. Thx Gan Infonya… :2thumbup :2thumbup :2thumbup :2thumbup

  12. objek nya ikt kerubah gak ,yah?
    soalnya saya kesulitan memakai IR, objek pengantin pasti ikt keubah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco