Langkah-Langkah Instalasi Windows XP di Komputer dan Laptop

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Alhamdulillah penulis kembali lagi ke dalam portal ini untuk belajar sharing sedikit ilmu IT yang penulis ketahui. Kalau sebelumnya penulis menulis tentang open source maka kali ini penulis mencoba untuk membuat artikel tentang close source. Kali ini penulis akan sharing tentang bagaimana cara install Windows XP ke dalam computer /laptop kita. Bagi pembaca sekalian yang belum tahu apa itu Windows XP, bisa mengunjungi Sejarah Microsoft Windows atau Windows XP.

Persiapan Instalasi Windows XP

Hardware :
Spesifikasi minimal hardware untuk instal Windows XP :

  1. Prosesor 233 MHz, direkomendasikan 300 MHz atau yang lebih tinggi
  2. Memori 64 MB direkomendasi 128 MB atau yang lebih tinggi
  3. Harddisk minimal dengan ruang kosong 1,5 GB
  4. CD/DVD Drive
  5. Keyboard dan mouse
  6. Video Grafik atau VGA card dengan resolusi 800×600 atau yg lebih tinggi
  7. Kartu suara
  8. Speakers atau headphones

Lebih jelas lihat disini.

Adapun spesifikasi hardware yang penulis gunakan untuk instalasi ini yaitu :

  1. Prosesor 2.50 GHz
  2. Memori 1 GB
  3. Harddisk 160 GB
  4. DVD RW 24x
  5. Kartu Grafis onboard dgn resolusi 1360 x 768
  6. Hardware pendukung lainnya seperti yang penulis tulis diatas

Software
Selain hardware yang dibutuhkan untuk mencicipi Windows XP, maka kita juga perlu software master Windows XP itu sendiri yang bisa kita beli disini, disini, atau ditoko-toko yang menjual Sistem Operasi Windows XP Original (asli bukan bajakan) he..he…tapi kalau gak sanggup sepertinya ada juga yang versi bajakannya silahkan cari di toko-toko yang menjual CD/DVD tersebut tapi melanggar undang-undang hak cipta loh.

OK… sekarang kita mulai untuk proses instalasi :

Langkah 1

Langkah selanjutnya kita masuk BIOS dengan cara menekan tombol delete di keyboard (disesuaikan dengan jenis BIOS kita bisa F1, F2, atau lainnya lihat di manual motherboard). Pilih menu Advanced Setup lalu Enter.

Langkah 2

Pada sub menu Advance Setup, atur urutan booting komputer yang pertama (1st boot) CD/DVD, yang kedua (2nd boot) Harddisk (HDD), tekan tombol Esc 1 x pada keyboard. Masukkan disk CD/DVD Sistem Operasi Windows XP kedalam drive CD/DVD kita. Pilih menu Save and Exit Setup, tekan tombol Enter pada keyboard, lalu pilih OK.

Langkah 3

Tunggu beberapa saat komputer akan melakukan booting, pada waktu selesai booting komputer pertama kali akan membaca disk CD/DVD kita untuk proses instalasi. Pada saat sistem membaca CD/DVD Windows XP kita dengan memberikan pesan teks Press any key to boot from with CD maka kita tekan sembarang tombol di keyboard kita.

Makan akan muncul layar seperti ini.

Langkah 4

Pada layar dibawah ini ada 3 pilihan. Untuk melanjutkan instalasi windows ke dalam computer atau laptop kita tekan tombol ENTER pada keyboard kita. Untuk memperbaiki system windows kita pilih R, dan untuk membatalkan proses instalasi pilih F3. Dalam hal ini kita pilih ENTER untuk proses selanjutnya.

Langkah 5

Pada layar berikut ini kita akan dibawah ke lisensi dari Microsoft. Untuk membaca halaman selanjutnya tekan tombol Page Down atau Page Up untuk kembali ke atasnya. Tekan tombol Esc kalau kita tidak setuju dan proses instalasi akan dibatalkan. Dan pada kali ini karena kita akan melanjutkan proses instalasi maka tekan tombol F8 pada keyboard kita.

Langkah 6

Pada layar ini akan ditampilkan partisi (ruang memori pada harddisk) yang ada di komputer penulis, seperti gambar dibawah harddisk penulis masih belum ada partisi dan masih kosong. Maka selanjutnya penulis akan membuat partisi, dimana dalam hal ini penulis akan membuat 3 partisi yaitu drive C = 60000 MB, D = 60000 MB, dan E = semua sisanya. Pada layar ini dijelaskan bahwa untuk membuat partisi tekan tombol C pada keyboard, untuk menghapus partisi yang ada tekan tombol D di keyboard, untuk instalasi tekan Enter. Dalam hal ini penulis akan membuat partisi dahulu. Tekan tombol C pada keyboard dan akan muncul layar baru.

Pada layar baru ini hapus nilai yang ada dengan menekan tombol Backspace (f) yang biasanya berada diatas tombol Enter (8) dan ganti menjadi 60000 dan jika sudah selesai tekan tombol Enter untuk membuat partisi tersebut Dan untuk partisi-partisi selanjutnya ikuti cara-cara sebelumnya. Lihat gambar-gambar dibawah ini.

Langkah 7

Untuk melanjutkan proses instalasi pada gambar diatas arahkan ke partisi (drive) C dan tekan tombol ENTER maka kita akan dibawa ketampilan berikut ini. Pada layar ini kita akan diminta untuk memformat drive harddisk yang barusan kita buat untuk memberikan system. Pada langkah ini penulis memilih format the partition using the NTFS file system <quick> dan tekan tombol ENTER maka proses format akan dilakukan

Setelah selesai format, kemudian windows akan menyalin file untuk proses instalasi, seperti gambar di bawah ini.

Setelah proses penyalinan selesai, secara otomatis komputer akan melakukan restart seperti gambar di bawah ini, dalam hal ini untuk mempercepat proses restart, kita bisa langsung menekan ENTER.

Langkah 8

Setelah itu akan muncul loading windows seperti gambar di bawah ini.

Langkah 9

Selanjutnya proses instalasi windows di mulai dan muncul layar seperti gambar di bawah ini.

Langkah 10

Pada layar ini pilih Customize lalu Next, akan muncul layar Regional and Language Options. Gantilah dengan pilihan Indonesia pada Standards and Formats serta Location seperti gambar dibawah ini lalu pilih OK.

Langkah 11

Selanjutnya pada layar ini ketikkan Nama Lengkap kita dan Organisasi kita,dalam hal ini penulis mengisikan Name = PCT-LAB1, Organization = PalComTech Prabumulih seperti gambar dibawah,lalu pilih Next.

Langkah 12

Pada layar ini masukkan CD Key atau Serial Number dari Windows XP kita, lalu pilih Next.

Langkah 13

Pada layar ini ketikkan nama computer kita jika berada dalam suatu jaringan dan password administratornya jika diperlukan, lalu pilih Next.

Langkah14

Pada layar ini atur Tanggal dan Waktu serta Zona Waktu dari wilayah kita seperti gambar dibawah lalu pilih Next.

Langkah 15

Pada langkah ini pilih Next saja dan jika muncul layar baru lagi pilih Next saja juga maka proses instalasi akan dilanjutkan seperti gambar dibawah ini. Dalam proses ini akan dibutuhkan waktu beberapa lama jadi silahkan bersabar menunggu sambil minum kopi atau kegiatan lainnya yang santai.

Langkah 16

Pada tampilan Display Setting pilih OK, Monitor Setting pilih OK. Proses instalasi hampir selesai, selanjutnya akan muncul loading jendela windows seperti gambar di bawah ini.

Langkah 17

Selanjutnya kita akan dibawa masuk ke dalam windows untuk pertama kalinya seperti terlihat pada gambar di bawah ini, tekan Next saja.

Langkah 18

Selanjutnya akan muncul layar Help Protect Your PC, seperti gambar di bawah ini, kemudian pilih Not Right Now lalu tekan Next.

Langkah 19

Kemudian komputer akan mengecek koneksi ke internet, seperti terlihat pada gambar di bawah ini, pilih Skip saja.

Langkah 20

Kemudian akan muncul pilihan aktivasi windows, seperti gambar di bawah ini, pilih No, lalu tekan Next.

Langkah 21

Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini yang menunjukan pilihan untuk menambah pengguna komputer. Kita bisa memasukkan beberapa pengguna yang akan mengakses komputer kita, kemudian klik Next.

Proses instalasi windows selesai, kemudian akan muncul layar seperti gambar di bawah ini, klik Finish maka proses instalasi selesai.

Selesailah sudah semuanya kemudian perlahan masuk ke windowsnya seperti telihat pada gambar di bawah ini.

Selamat! kita telah berhasil menginstal Sistem Operasi Windows XP ke dalam komputer/laptop kita. Selanjutnya kita tinggal menginstal CD Driver Motherboad, dan perangkat pendukung lainnya.

Silahkan sebarkan artikel ini pada FB, Twitter, Blog, dan lain sebagainya dengan mencantumkan sumbernya.

Sukur Soedrajat

Sukur bekerja sebagai staff pengajar di LKP PalComTech Prabumulih. Bidang materi yang diajarkan adalah teknisi dan jaringan.

33 comments

  1. pertamax di amankan…

    maaf ya, pak sukur kenapa ngak make virtual system aja pak, kok make kamera seh…

    hasil nya ngak jelas tuh

    tapi saya sangat bangga ternyata pak sukur maseh ada di sini…

  2. XP ?????
    Win 7 donk Pak !!!

  3. mantap pak lebih lengkap,singkat dan jelas

  4. mantap singkat padat dan jelas

  5. manta singkat padat dan jelas

  6. mantap pak…win 7 jugo pak…?

  7. @raise – hahaha…. :ngakak mang selama ne pak sukur kemana pak… :)

  8. @pak raes : biar lebih afdol aja pak….kan lebih enak merasakan langsung n menikmatinya lebih lama….. :) iya dong masih ada disini sebab ada komentator setia yaitu pak rais……he..he…. :)

    @tamu : entar2….klu ada waktu entar dibuat …..lebih mudah kok win vista ma 7 karena langkah2 nya lebih sedikit… :)

    @nicko : thanks u ya… :)

    @heru : iyo2….. :)

  9. Pak…saya masih bingung dengan keterangn cara mengatur bios, karena pada saat saya semester 1 cara mengaturnya lebih panjang..
    tolong di jawab ya Pak!

  10. @Lion – Langkah pengaturan bios diatas digunakan untuk mengatur booting agar booting pertama kali pada cd rom dan yang kedua pada hardisk…hal ini dilakukan karena kita menggunakan cd untuk install system, jika kita install melalui media lain misalkan flashdisk berarti booting pertama diletakkan pada flashdisk…
    nah, yang lion pelajari pengaturan bios lebih panjang itu juga bagus…
    tapi langkah yang dbahas pada tutorial ini diambil pada pengaturan inti yaitu pengaturan booting untuk mengaktifkan bootable cd program yang ada pada cd rom…
    semangat dan terus mencoba…. :thumbup: :)b

  11. Gian Pratama (Mr.Cikiepaw)

    makasih pak, buat modal belajar. .

    :D

  12. pak law inginstal laptop nya sama saja ya….. dengan Pc

  13. @lion : maaf bru jawab skrng…sbnarnya sama aja kok ..mungkin waktu kamu belajar dijelaskan semua menu2 yg ada di BIOS itu, tapi yg diartikel ini langsung fokus ke tujuan untuk pengaturan booting dari cd/dvd karena kita mau nginstal langsung dari cd/dvd.

  14. @gian pratama : sama2….semoga membantu..dan jangan lupa klu dah bisa n punya ilmu laen kamu bisa share ke orang laen juga ya jangan disimpan sendiri…. :)

  15. @jumadi : iya sama saja…tapi klu laptop biasanya pake BIOS jenis Phonix jadi tampilan menunya agak beda dikit, tapi gak masalah kok tingal dibaca dan dipahami aja apa mksd itu menu2. Ok… :)

  16. @ heru :: Untuk Instalasi Windows 7 –> bisa mampir ke blog saya: http://mashadiwijaya.wordpress.com/2011/01/15/installasi-windows-7/

  17. Keren Pak, terimakasih y atas ilmu nya.
    salut saya ma bpk, masih mau berbagi ilumu ma orang awam seperti saya.
    jng bosan2 u/ bg2 ilmu y pak :)

  18. @heru : udah saya tulis yg tentang win 7 nya….lihat di http://news.palcomtech.com/2011/02/24/langkah-mudah-instalasi-windows-7-di-komputerlaptop/

    @Teguh: terimah kasih….insya allah mudah2han saya masih bisa berbagi di portal ini dgn ilmu dunia yang sedikit sekali saya ketahui ini dan yg tuhan berikan kepada saya melalui buku2 dan guru2 saya.

  19. Terrific post, the majority of the data was very informative.

  20. pak pernah tau tentang windows tittle gakk?? bisa kasih tau infonya gak??

  21. aku suka,

    tapi pembagian partisi tadi yang lebih penting.

    bagaimana jika partisinya ada data kita?

    • komentar yang bagus bro. Di asumsikan bro punya partisi sebanyak 2 bagian (C dan D), dan bro selalu menyimpan data2 bro di D, nah ..pada menu pembagian partisi …drive D nya jangan dihapus bro, drive C nya aja…..lalu dibuat lagi drive C nya…drive D jangan diganggu…..gimana jelas bro?…..

  22. Trims bangat kawan, kawan telah menyematkan uangku dari tukang instal yang sudah sy hubungi, besok sy batalkan tukang instalnya

  23. gan,,kalau pas setting boot sdh selesai,ketika comp minta tekan tombol apa saja,tapi keyboard comp saya,ga bisa di tekan apa2,mohon penjelasan nya ya gan,kl bs di kirim via email,,,,hatur nuhun gan,,,,

    • pastikan keyboardnya berfungsi dulu bro…..klu bro bisa masuk ke BIOS berarti keyboardnya berfungsi bro….bohong klu bisa masuk ke BIOS tapi pas proses boot nggak bisa ditekan apa2….

  24. terima kasih….

  25. thanks boss info’a bermanfaat bnget

  26. ah oc bngettttttttttttttt.

  27. bgussssssssssssssss. deh cra z………..tnak…………. brow………..????

  28. terimakasih ilmunyo bosss, tapi klo dak punyo driver motherboardnyo cak mano?
    mohon pencerahan.

    terimakasih,
    hardi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco