Kreasi Desain Produk Pakai Photoshop

Pernahkah anda mendengar atau melihat nama produk pasta gigi President, Jamu tolak miskin, dan rokok jarum semprul??? Pasti belum pernah kan? Karena semua itu hanya ada di PalComTech Lahat. Yak, pemandangan di sekitar mading PalComTech sudah seperti mini market karena banyak sekali produk-produk yang di pajang tapi bukan untuk di jual, melainkan semuanya itu hasil karya siswa-siswi PalComTech Lahat.

Saat materi Adobe Photoshop mereka diajarkan oleh Hariono dan Mitang, S.E, instruktur PalComTech Lahat dengan mengajarkan cara membuat desain kotak produk dengan kreasi mereka sendiri. Materi seperti ini untuk mengasah kreatifitas siswa dan memberikan ilmu kepada mereka tentang bagaimana mendesain sebuah produk. Seperti produk-produk yang ada di pasaran sehingga nantinya mereka bisa menerapakan ilmu yang pernah mereka dapat di dunia luar.

Hasilnya karya merekapun bagus-bagus dan tidak kalah dengan produk–produk yang pada di pasaran, alhasil dengan dipasangnya kreasi mereka di majalah dinding (mading) PalComtech Lahat seperti display mini market yang menyediakan berbagai produk. Hal ini juga secara tidak langsung tentunya menarik perhatian pengunjung PalComTech Lahat menjadi penasaran unt…uk bisa memperdalam ilmu desain grafis di PalComTech Lahat jadi bisa berkarya sekalian promosi.hehehe. Seru kan?? Mau tahu bagaimana cara pembuatan nya???

Disini saya akan mencontohkan cara pembuatan desain kotak rokok Ampera Mild. Langkah pembuatannya dapat kalian simak berikut ini.

Langkah 1

Kotak yang akan kita contoh dibuka memanjang kemudian diukur tinggi dan lebarnya menggunakan penggaris. Ukuran tinggi nya 23,3 cm dan lebarnya 8,5 cm.

imageimage

Langkah 2

Buka program Adobe Photoshop kemudian buka dokumen baru dengan cara file > new, atur ukurannya sesuaikan dengan ukuran kotak yang di ukur menggunakan penggaris tadi. Gunakan satuan ukuran Centimeter. Height (tinggi) 23,3 cm, width (lebar) 8,5 cm, resolution (resolusi) 150 dan mode warna CMYK.

image

image

Langkah 3

Tampilkan bantuan penggaris pada Photoshop dengan cara view > ruller atau Ctrl + R. Buat sekat – sekat untuk memisahkan antara bagian depan, tengah, belakang, dan bagian lainnya.

image

Langkah 4

Selanjutnya tahap pendesainan, agar tampilan lebih menarik kita tambahkan gambar seperti logo produk, barcode dan lain-lain drag grambar ke dokumen yang kita buat menggunakan move tool image.

image

Langkah 5

Tambahkan teks imagemenggunakan Horizontal Type tool pada dokumen yang kita buat, seperti plesetan Merk Produk, komposisi bahan dan teks-teks lainya buat yang lucu dan unik ya.

image

Langkah 6

Desain yang selesai kita buat selanjutnya di print, untuk kertas yang digunakan disini saya menggunakan kertas foto ukuran A4, terakhir desain yang sudah di print kita gunting, buang bagian-bagian yang tidak perlu, iIkuti pola kotak aslinya.

imageimage

Langkah 7

Nah inilah tahapan yang paling di tunggu-tunggu, sekarang bentuk kertasnya hingga membentuk sebuah kotak, harus mengikuti pola yang kita buat ya. Biar bentuknya rapi dan sempurna, terakhir tinggal kita tambahkan lem kertas untuk merekatkan bagian-bagian nya.

imageimage

Hasil Akhir

Taraaaa jadi deh kotak rokok Ampera Mild kreasi jeme kite. Mudah kan?? Selamat mencoba Winking smile

imageimage

imageimage

Hariono

Hariono bekerja sebagai pengajar di LKP PalComTech Lahat materi yang di ajarkan desain grafis (Photoshop dan Swishmax).

9 comments

  1. wow.. kreatif sekali.. Sekali lagi lahat unjuk taring eh gigi eh prestasi.. Sukses lahat… PalComTech pekanbaru segera menyusul..! :Peace: :D

  2. ternyata Ono bs jg…
    ntar qt bwt yg lbh kreatif lg no e???

  3. wow amazing creative students,

    so men cak mane pule, bise begichu yah…

    kalau diperhatike, emang sep dan mantap, cuma kurang nya belum ada kreatifitas yang ditonjolkan maksud na, ide dan pembaruan konsep desain kemasan yang unik hehehehe…

    tapi sekali lagi palcomtech lahat menjadi terdepan apo cubo

  4. Taraaaaaa….

    apik apik….

    ono ono….besok kita buat yang laen…. :)

  5. weleh²…. mamang nuii makin okeh wae… saya mau tuh belajar kaya githu… gimana cara nya :P hehehe :D

  6. itzzzzz…….
    mantap gan…
    :ngakaks
    :ngakaks
    tingkatkan kreatifitasmu…

    lanjotttttttt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco