Link Mail Merge Dari Word ke Excel

Fasilitas Mail Merge biasanya ada Microsoft Word, akan tetapi dalam pekerjaan sehari-hari terutama mereka yang sering mengoperasikan Microsoft Excel kadang membutuhkan fasilitas tersebut ada pada Microsoft Excel. Saya sudah coba searching di Menu Help nya Microsoft Excel tetapi tidak ditemukan fasilitas tersebut. Keinginan saya mencari hal tersebut karena pertanyaan seorang teman. Mungkin bagi mereka yang terbiasa dengan programming tidak akan jadi masalah. Karena permasalahan tersebut dapat dituntaskan dengan sebuah program.

Setelah sekian lama utak-atik dan tidak menemukan Mail Merge di Excel maka muncul ide untuk mengakalinya dengan cara meng-combine Word dan Excel. Begini kira-kira yang saya lakukan, langkahnya mudah kok.

Langkah 1

Buka aplikasi Microsoft Word anda, kemudian bentuk Mail Merge dengan Field-field yang nantinya dibutuhkan pada Microsoft Excel (seperti pembentukan mail merge biasa pada Ms. Word).

image

Langkah 2

Buka Microsoft Excel, lalu buka file yang perlu diisi mail merge atau bentuk baru dan Microsoft Wordnya dibiarkan tetap aktif.

image

Langkah 3

Kembali ke program Microsoft Word (ALT-TAB saja biar cepat, pilih Document Word tadi). Pilih Copy Field yang akan dimasukkan pada Excel. (Mulailah dari NIS atau urutan paling atas).

image

Langkah 4

Sekarang kembali ke Microsoft Excel (Lembar kerja yang akan disisip field mail merge), dan tunjuk sel dimana akan disisipkan field mail merge (dalam contoh sel D5) lanjutkan dengan klik kanan dan pilih Paste Special, kemudian muncul tampilan berikut.

image

Langkah 5

Klik Paste Link, lalu Klik OK. Ulangi langkah 3, 4 untuk field-field selanjutnya. Setelah selesai silahkan ditampilkan :

a. Buka Ms. Word lalu Klik Icon Preview Result Data

image image

b. Gunakan Tombol Operasi Record (Next & Previous utk melihat data selanjutnya)

Langkah 6

Setelah di Preview pada Microsoft Word maka Lembar Kerja pada Microsoft Excel juga akan otomatis berubah mengikuti data yang tertera pada Microsoft Word.

image

Sederhana tapi bermanfaat kan. Selain itu ada beberapa konsep link mail merge yang saya temui saat mencoba, antara lain :

  • Sering data telat bertukar jika menggunakan komputer dengan Processor dan RAM yang rendah/kecil. Saya pernah coba di Komputer Generasi Pentium 4, dimana proses linknya agak lambat, terutama jika menggunakan jumlah field yang banyak (Dalam test di P-4 link mail merge terdiri dari 32 Field).
  • Membuka beberapa program pada saat yang bersamaan dapat mempengaruhi cepat lambatnya proses link Word ke Excel.
  • Tidak dapat menggunakan Print Documentnya mail merge seperti yang biasa digunakan untuk printing mail merge. (Hal ini karena Icon tersebut tidak tersedia di Microsoft Excel, mungkin saya belum ketemu dan barangkali yang menemukan dapat berbagi disini).

Demikian yang dapat diuraikan dan semoga bermanfaat !

Hasak Lumbantoruan

Hasak Lumbantoruan bekerja sebagai Sales & Marketing PalComTech-Pekanbaru.

12 comments

  1. Lagi cobain nih..

    tapii ga bisa.. ga ngerti.. :D

  2. @mandiri.dhewi : klo sudah paham mail merge di word, pasti mudah. Intinya sebenarnya hanya mengcopy field mail merge dr word ke excel. Hanya paste-nya sedikit berbeda. Simpel banget koq… :D

  3. thank’s pak.. aku dah berhasil coba !
    muantap.. :thumbup:

  4. @ali : mana punya saya, hiks :P
    :metal:

  5. bagus bro, kreatifitas mengalahkan keterbatasan.

    Jadi terinspirasi berbagi trik di ms. excel.

  6. @pak rendra : suka dgn kt “inspirasi” :ngakaks nya pak.. blm cocok kt2 jd sumber inspirasi pak.. :malu: :amazed:

  7. Makasi Pak Hasak. ini yg saya perlu.
    Good inform. be success

  8. kl m bikin data di exel berbentuk tabel masuk ke word jd bentuk perincian bs ga?

  9. kalo ngelinknya dari excel ke ms word gmn pak???(data ada di excell mau di masukan ke mail merge di ms word)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>