Apa Itu HSPA, HSDPA, HSUPA, dan EVDO?

Saat ini perkembangan teknologi komunikasi data sangat pesat sekali, seiring berkembangnya hal tersebut maka banyak pula muncul istilah-istilah baru yang terdengar di telinga kita. Istilah tersebut antara lain HSPA, HSDPA, HSUPA, serta EVDO.

Sebenarnya dunia komunikasi data bukanlah bidang yang saya dalami, tapi rasa penasaran saya akan hal ini membuat saya mencoba berbagi. Terlebih seminggu ini saya sibuk-sibuknya mencoba modem usb yang tepat buat koneksi FLASH yang saya daftarkan buat keluarga, mengingat terjadinya gangguan pada koneksi EVDO di pemukiman rumah saya.

HSPA (High Speed Packet Access) merupakan induknya dari HSDPA dan HSUPA. HSPA merupakan hasil pengembangan teknologi 3G gelombang pertama, Release 99 (R99). Sehingga HSPA mampu bekerja jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan koneksi R99. Terkait jaringan CDMA, HSPA dapat disejajarkan dengan Evolution Data Optimized (EV-DO) yang merupakan perkembangan dari CDMA2000.

HSDPA adalah singkatan dari High Speed Downlink Packet Access Pebedaan antara UMTS dengan HSDPA adalah pada kecepatan yang bisa dicapai. Kalau 3G (dibaca Tri Ji) artinya mendukung kecepatan UMTS (Universal Mobile Telecommunications System ) yang hanya bisa maksimum 384kbps. Sedangkan HSDPA secara teori bisa mencapai 3.6Mbps (hampir 10 kali lipat kecepatan maksimal UMTS), HSDPA sering disebut 3,5G (teknologi tiga setengah G) untuk membedakan dari standard 3G sebelumnya.

Teknologi HSDPA memungkinkan adanya layanan video streaming, Internet akses yang cepat, dan konferensi video. HSDPA merupakan pengembangan dari jaringan W-CDMA yang sudah ada. Sebagai informasi, W-CDMA adalah nama teknologi GSM yang memungkinkan adanya teknologi 3G. Tujuan HSDPA, tak lain, adalah untuk meningkatkan kecepatan maksimal transfer data, kualitas pelayanan, dan efisiensi.

HSUPA yaitu singkatan dari High Speed Uplink Packet Access, yaitu kemampuan mengupload data dari komputer/laptop user ke internet. Contoh: kecepatan UPLOAD foto ke facebook, blog dan sebagainya.

Untuk provider yang mendukung HSDPA/HSUPA saat ini sudah banyak sekali antara lain Telkomsel Flash, 3 (Three), IM2, dan sebagainya.

EVDO yaitu singkatan dari Evolution Data Optimized yaitu teknologi dari jaringan CDMA.

Saat ini di Indonesia, EVDO terbagi 2 yaitu Rev O dan Rev A. Teknologi CDMA EVDO ini diyakini memiliki kecepatan dan tarif yang bersaing dengan GSM 3G HSDPA. Untuk teknologi EVDO sementara ini baru dapat dinikmati dengan layanan dari Fren dengan produk Mobinya dan operator SMART. Bahkan saat ini kedua provider ini telah bergabung dengan produk mereka  yang diberi nama smartFren

Sedikit penjelasan tentang Tingkatan Kecepatan koneksi jaringan CDMA :

  1. Teknologi CDMA 1X memiliki kecepatan download maksimal 153 Kbps
  2. Teknologi EVDO Rev O kecepatan download maksimal 2.4 Mbps
  3. Teknologi EVDO Rev A memiliki kecepatan download maksimal 3.1 Mbps

Untuk kualitas dan kecepatan akses internet mana yg lebih baik dari Teknologi di atas? Jawabannya RELATIF. Karena sangat bergantung pada :

  • Kepadatan pengguna pada daerah kita. Untuk faktor yang satu ini saya sudah merasakannya sendiri. User EVDO di daerah saya saat ini sudah overload yang menyebabkan gangguan bahkan koneksi terputus.
  • Tangkapan signal di tempat kita, dan ini bergantung pada BTS yang ada di lingkungan kita.
  • Lokasi kita (apakah terhalang gedung , pohon dsb)
  • Dan faktor dari operatornya itu sendiri

Source: Ilmu Komunikasi Data dengan perubahan seperlunya

M. Farhan

Farhan bekerja sebagai staff LPPM STMIK - Politeknik PalComTech.

11 comments

  1. Thans infonya gan ……!!!!!

  2. mohon ijin kopas…tq

  3. k mau nanya … kalau gsm ada evdo juga ya…??? n kalau ada namanya apa??? jwb ya k emm thanks before

  4. berarti mendngan pk CDMA ya bisa dapet EDVO

  5. bagusss infonya gann matur nuwonnn…

  6. jadi ini perbedaannya..
    selama ini saya pake EVDO ternyata EVDO juga dibagi lagi ..

    #informasinya bermanfaat

  7. ok, makasih gan buat info nya….

  8. biar bayar mahal yang penting puas pakenya (HSPA), dari pada bayar murah tapi dongkol terus setengah mati (EVDO)
    :ngakak

  9. hebat gan,,,,, untuk mendukung jaringan HSPA
    dan mencapai kecepatan 7,2 mbps saya sarankan memakai antena wajan bolik,,,, sya sudah hampir 2th masuk di jaringan hspa gsm tertentu,,,,,,cepat enak muayus,,,

  10. mari kita gunakan pengetahuan yang kta pya sebelum bayar mahal,,,,,haya 10,000 full HSPA untuk satu minggu murah kan,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>