Cara Membuat Bootable Windows 7 USB Flashdisk Menggunakan Command Prompt

Cara ini sangat efisien apabila kita ingin menginstall Windows 7 pada netbook yang tidak memiliki perangkat optical disk. Sebagaimana yang kita ketahui, popularitas perangkat netbook akhir–akhir ini cukup tinggi. Hal ini diantaranya karena faktor bentuk daripada komputer mini ini yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Bahkan setiap Vendor yang memproduksi Notebook atau Laptop kini sudah mulai memproduksi Netbook. Contohnya : Toshiba, Acer, MSI, Asus, Axioo, Advan, dan lain-lain.

Nah, adapun langkah-langkah membuat bootable usb ini sangat mudah. Tanpa menggunakan software bantuan. Kita cukup menggunakan aplikasi command prompt yang telah tersedia pada Windows.

Mudah banget, adapun yang kita perlukan untuk membuat USB Windows 7 ini diantaranya :

1. Image file (ISO, NRG) Windows 7 sebagai pengganti perangkat Discnya.

2. Software Daemon atau PowerIso sebagai pengganti Optical Drive kita

3. USB Flashdisk berkapasitas 4 GB

Langkah 1

Kita gunakan aplikasi daemon yang dapat kita download secara gratis, karena aplikasi ini adalah sebuah freeware yang digunakan sebagai Virtual CD ROM.

Klik kanan pada Icon daemon yang ada di Tray Icon, arahkan pada Virtual Device dan pilih mount image.

Kemudian pilih file image (ISO, NRG) Windows 7-nya.

Keterangan :

  1. Hasil mount file Image Windows 7 atau sama halnya dengan kita memasang Disc Windows 7 pada perangkat optical drivenya.
  2. USB Flashdisk berkapasitas 4 GB.

Langkah 2

Buka Aplikasi Command Prompt, disini kita jalankan program tersebut menggunakan account administrator.

Klik Start Menu > All Program > Accessories > pada aplikasi Command Prompt klik kanan pilih Run as Administrator

Langkah 3

Ketikkan perintah “Diskpart” dimana perintah ini hanya ada layanannya pada Windows Vista dan keluaran berikutnya. Pada Windows Xp fasilitas diskpart tidak dikenal.

Setelah masuk ke menu diskpart, lebih baik kita melihat nama disk yang tersedia. Karena apabila salah pilih, bisa-bisa hardisk kita yang terformat. Ketikkan perintah “list disk”.

Setelah perintah list disk kelihatan perangkat hardisk dan flashdisk. Dimana disk 0 & disk 1 adalah hardisk. Dan disk 2 adalah usb flashdisk. Ketikkan perintah “select disk 2” yang artinya kita memilih hardware flashdisk dan

Gunakan perintah “clean” sebagai langkah awal kita untuk membuat bootable usb.

07

Ketikkan perintah “create partition primary” digunakan untuk membuat partisi primer pada USB Flashdisk.

Ketikkan perintah “list partition” digunakan untuk melihat partisi yang dibuat tadi sudah berhasil atau belum. Jika tertera ada nama partisinya, maka partisi yang kita buat telah berjalan dengan lancar.

Gunakan perintah “select partition 1” yang akan kita gunakan untuk memilih partisi yang kita buat tadi untuk menambahkan file-file windows 7. Dan kita aktifkan partisi tersebut dengan menambahkan perintah “active”.

Setelah kita aktifkan partisi tadi, kita format USB Flashdisk tersebut dengan file system NTFS. Jika kita mau menggunakan file system FAT32 juga tidak masalah. Ketikkan perintah “format fs=ntfs”. Tunggu proses pemformatan USB Flashdisk tersebut hingga format selesai.

Setelah format USB Flashdisknya selesai, kita ubah terlebih dahulu drive letter USB Flashdisknya dengan mengetikkan perintah “assign” dan dilanjutkan dengan perintah “exit” untuk keluar dari pengaturan diskpart.

11

Setelah kita ketikkan perintah”assign” maka drive letter USB Flashdisknya berubah menjadi “K” yang sebelumnya “M”. (Lihat gambar windows explorer di gambar sebelumnya).

Kemudian kita copy isi dari pada keseluruhan file windows 7 pada drive letter ”J” ke usb flashdisk “K”. Pada aplikasi command prompt tadi, ketikkan perintah “xcopy J:\*.* /s/e/f K:\” . yang berfungsi untuk mengcopy seluruh isi file dan direktori yang ada pada Drive “J” menuju drive “K” (USB Flashdisk). Tunggu hingga proses pengcopian datanya selesai. Seperti gambar 2 dibawah ini.

Nah, setelah selesai, USB Flashdisk siap digunakan untuk installasi Windows 7. Bisa kita gunakan untuk installasi Netbook, Laptop bahkan PC tanpa menggunakan media Optical Disk.

Langkah 4

Nah yang berikut ini kita coba untuk langkah-langkah installasi Windows 7 melalui USB Flashdisk tadi.

Masuk ke menu bios netbook, dan aturlah boot devicenya :

  1. 1st : USB Flashdisk
  2. 2nd : Hardisk

Simpan konfigurasi bios tersebut, dan installasi akan berlanjut.

Setelah muncul menu install windows, kita perlu mengkonfigurasi Windowsnya sesuai dengan keinginan kita. Dimana :

  1. Language to install : Bahasa yang akan kita gunakan untuk installasi
  2. Time and currency format : format waktu dan mata uang. Jika kita pilih pengaturan default (English), maka Windows nanti akan menampilkan jam dalam format 12 jam ditambah dengan keterangan AM dan PM.
  3. Keyboard or input method : Sesuai dengan jenis keyboard yang kita gunakan. Yaitu layout US (QWERTY).

Setelah itu, kita klik tombol Next.

Kemudian klik Install Now.

Tampilan layar berikutnya :

Muncul 2 pilihan installasi, upgrade digunakan untuk mengupgrade versi yang lama ke yang baru. Apabila di netbook tersebut sudah ada windows versi dibawah windows 7. Pilihan custom untuk memilih sesuai pengaturan yang kita inginkan. Contohnya apabila kita mau membuat partisinya. Disini kita coba untuk memilih pilihan custom.

Pilih Drive Option

Pilih new untuk membuat partisi. Dan tulis berapa kapasitas partisi yang kita inginkan. Ulangi klik new apabila kita ingin membuat partisi berikutnya.

Setelah partisi yang kita buat selesai, kita pilih partisi yang akan kita install (Local Disk C). Kemudian klik Next.

Proses installasi sedang berlangsung. Tunggu proses installasi selesai dan kita tinggal mengisi perintah dan form yang diperlukan untuk Windows 7 kita. Seperti pengaturan username, tanggal dan waktu, nama komputer, password, dan lain-lain.

Proses installasi hampir selesai, kita tinggal mengisi data yang diperlukan.

Isikan nama username Windows 7 tersebut. Sesuai dengan keinginan kita. Kemudian klik next.

Ketikkan password apabila kita menginginkan komputer kita menggunakan password. Jika tidak, kita kosongkan saja dan klik next.

Pilih ask me later. Karena opsi mengidentifikasikan bahwa kita sendiri yang akan melakukan maintenance dan update setting sesuai dengan keinginan kita.

Tampilan dibawah adalah tampilan sesuai dengan pengaturan BIOS dan pengaturan bahasa installasi yang kita pilih sebelumnya. Klik Next.

28

Pengaturan dan installasi yang kita lakukan tadi telah selesai, dan kita sudah bisa menggunakan Windows 7 tersebut pada netbook ini.

Kadarisman

Kadarisman bekerja sebagai staff pengajar di LKP PalComTech Jambi.

14 comments

  1. kakang memang hebat :thumbup: mantap ,,,,lantujkan kang :)

  2. kang memang hebat :)lanjutkan kang

  3. wow…keren
    blh lah bapak ini
    di tunggu tutorialnya yg lain….

  4. @Dian : Lanjuut…!!!
    @Mei : Lagi mikir dlu ne… apo yg nak di buat.. :D

  5. gan…..bole nie gw bikin demo buat calon asisten dosen ya…

  6. agan menu install windows saya kok gak muncul y padahal saya install windows 7 ultimate seperti agan jga.

  7. ko pas saya mau copy ,muncul tulisan “invalid disk specificaion”
    …,gmna nih ?

  8. abangg..
    knp udh proses installing
    ko’ terulang lgi sihh
    emang ad yg slah dgn proses bootble sy ??
    tolong d abang..

  9. MAS EMG IS THE BEST TEACHER

  10. gan… cara ngembalikin FD kita ke semula gimana gan???
    harap bantuannya gan…

  11. BIOS lama kok nggak support ya gan?

  12. terimakasih gan infonya.. sangat membantu ane.. folback ya gan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>