6 Proses Membuat Game Flash

Kenapa Flash ?

Pertanyaan yang sering muncul pada seseorang yang akan membuat sebuah game adalah software apa yang dapat dipakai dalam membuat game. Ada beberapa sofware yang tersedia untuk menjawab pertanyaan tersebut seperti : Visual Studio (C++), Game maker, RPGMaker, Adobe Flash dan banyak lagi. Akan tetapi pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang membuat game dengan Adobe Flash.

Kenapa Flash yang dipilih? menurut pertimbangan subjektif saya Flash sangatlah mudah untuk dipelajari, apa lagi di kampus kita saya sering memberi materi pelajaran atau mata kuliah yang membahas tentang Aplikasi Adobe Flash, lalu Adobe Flash digunakan untuk menghandle semua kebutuhan pembuatan game seperti grafik, suara, dan memiliki Action Sript yang sangat fleksibel. Dan kalo dilihat dari Objektif, Flash sudah dikenal luas oleh masyarakat dunia, hampir 98% internet browser telah terinstall Adobe Flash Player. Terbukti dengan adanya game online pada banyak situs didunia yang memprogram game online yang menggunakan game dari Adobe Flash.

game2

Untuk membuat sebuah game, diperlukan sebuah perancangan yang matang agar proses berlangsung secara efisien. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam membuat game adalah :

1. IDE

Hal yang mengawali terwujudnya hal-hal besar adalah IDE. Demikian halnya dengan game. Ide yang baik biasanya akan menghasilkan game yang baik pula. Ide dapat kita peroleh dari hal-hal umum, fantasi, kejadian-kejadian disekitar, atau memodifikasi ide-ide yang sudah ada. Tapi bukan plagiat ya..

2. Dokumen Desain

Dokumen desain bisa disebut juga dengan pembuatan desain objek pada game yang ingin kita buat, misalnya desain tokoh/pemain dalam game tersebut, desain background game, desain icon-icon pada tema gamenya dan masih banyak yang lainnya.

Pada tahapan profesional yang melibatkan beberapa orang dalam membuat game, dokumen dasain diperlukan untuk mengontrol kinerja masing-masing anggota agar tetap pada satu jalur yang sama. Dokumen desain meliputi masalah teknis dalam membangun game seperti, standart grafis yang dipakai, deskripsi asset-asset visual yang dibutuhkan. Time line project dan sebagainya.

game

pool

3. Game Asset

Asset visual adalah semua objek visual yang dipakai dalam sebuah game. Aset visual dapat dibuat secara tersendiri dengan menggunakan software lain seperti Adobe Photoshop, 3Dstudio Max, Adobe Illustrator, atau dapat dibuat sendiri secara langsung menggunakan drawing tools di Adobe Flash.

Dan Untuk Audio Asset bisa dibuat dengan menggunakan software audio seperti Adobe Audition, Cool Edit Pro, Fruity Loop atau bisa menggunakan download sound dari situs www.sounddogs.com.

4. Game Engine

Game engine adalah sebuah bagian yang menjadikan game tersebut dapat dimainkan secara utuh. Untuk membuatnya dipergunakan code-code yang akan dijalankan secara cepat dan berulang oleh komputer. Adobe Flash menggunakan Action Script 1-3 yang dapat kita manfaatkan untuk membuat game engine tersebut.

5. Pengujian Game

Pengujian game diperlukan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang pada umumnya disebut dengan bug. Dari beberapa kali pengujian game, akan diperoleh sebuah data mengenai kesalahan yang muncul (bug), seberapa menarik game yang kita buat, apa yang harus ditambahkan atau dikurangi agar dapat membuat game tersebut lebih menarik.

6. Publishing

Setelah Proses uji coba selesai tahapan terakhir adalah tahapan publishing. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan mendapatkan income dari game yang kita buat.

Nah, itu tadi tips yang dapat kita lakukan untuk membuat sebuah game, dan sedikit saran dari saya dalam proses pembuatan game perlukan ditambahkan intro, score system, audio dan gameover screen. Karena semakin kompleks atau semakin detail game, akan menghasil game yang dapat kita publish dengan sempurna. Semoga bermanfaat ya tipsnya.

 

Sumber Gambar : google image

M. Ridho Ardiansyah

Ridho bekerja sebagai staff pengajar di LKP PalComTech Palembang. Kesehariannya selain sebagai Pembina PalComTech Animation Club, klub musik juga mengajar desain grafis (Corel Draw, Photoshop, Flash, Swishmax).

38 comments

  1. pertamax.. borera kakak idho nech.. ajarin uiyy buat game flash :flower:

  2. pertamax.. borera kakak idho nech.. ajarin uiyy buat game flash (maaf copy paste)

  3. cara bikinya gi mana …….. ????

  4. itss……
    mantap bang…

    sipp
    lanjutkan :ngakaks

  5. GANBATTE … :Yb

    lanjutkann… :metal:

    saia tunggu karya2 anda yg berikutnya … :thumbup: :thumbup:

  6. @jhon@ruru – ThQ..^^ ikut klub animasi be mb, hari sabtu jam 10.00 disitu dibahas kok mb, cara buat game-game flash sederhana..^^

  7. @dayat – kalo cara bikinnya ikut klub animasi aja, atau cari refrensi di google.com lebih spesifiknya cubo buka flashkit.com, ilmugrafis.com ada banyak tutorial, ni hanya artikel atau tips

  8. @dayat – kalo cara bikinnya ikut klub animasi aja, atau cari refrensi di google.com lebih spesifiknya cubo buka flashkit.com, ilmugrafis.com ada banyak tutorial, ni hanya artikel atau tips :D tar deh saya cubo buat tutorial gamenya..^^ :thumbup: :D

  9. @Aidou Ichiru Yui

    maaf :capedes maksud saia tips2nya bukan karya2nya ….(hho…ho…salah nuliz :shutup: )

    gommen ridho senpai :) :)

  10. @ridho_a

    kk ridho promosi cckckckck … :ngakaks :ngakaks :ngakaks

  11. wih..mantapz dah Kk :iloveindonesias

    ajarin Kami bwt gameny y Kk :cendolb

  12. @v3

    kt kk ridho nyo masuk club animasi dulu mba … :ngakaks :ngakaks :ngakaks

  13. ai…Mb nak private be ah Aidou…xixixi :)b

  14. weks….

    kalau kami seh yang penting biso ngembang ke materi flash yang selama ini dipelajari…

    contoh nyo
    materi hitTest, drag mouse dll yang berkaitan dengan untuk buat game nyo

  15. @raise

    ECOMMERCE pak … :cool:
    jhiahahahaahah :ngakaks :ngakaks :ngakaks

  16. bagus juga kalo flash dikembangkan untuk membantu membuat materi pembelajaran shg belajar jadi lebih asik (kek buku terbitan info**atika)…:D

  17. @raise – samo pak ..hehee :Peace: ntu kan mang materinyo.. ni refrensi buat anak-anak yang minat ke scripting hhee.. :D

  18. @v3 – sayvit.. ok deh gek tukeran beh ye.. ajarin ridho php.. :Peace:

  19. @Kk idho…
    xixixi :D
    kLu PHP sm Mb Achie Kk :)b

  20. @ridho_a

    siip apa toh Kk :amazed: :amazed: :amazed:

  21. ciipz … :thumbup:

    mantabz kk. diclub animasi diajarin dag kk … biar biso bkin game cdri …hhehehee :linux1: :Peace:

  22. @Aidou…
    peh–peh men nk melok Mb… :)b

  23. peh :ngacir: tp dk usah ajak2 si Kk ridho :amazed: …wkwkwkkwkwkw :ngakaks

  24. peh :ngacir: tp dak usah ajak2 kk ridho :shutup:

    wkwkwkwkkwkw :ngakaks
    :ngakaks

  25. cool……
    seperti orangnya….
    :afro:

  26. Wow, keren, Kak! Tak banyak instruktur yang ngajarin kayak gituan… GoodJob…
    ditunggu tulisan selanjutnya…
    keren..keren…keren…
    :)

  27. @Aidou – iyo sip :thumbup: kan nak minta gamenyo kn ..? nah gek pas di club diajarin.. :Peace:
    buat @Princess jugo.. sabar ya dek.. belajarlah dasar desain vektor dlu ye .. :thumbup:
    :D

  28. @fajar – thx bro.. :Peace:

    @Iqbal Elkadi : makasih juga y Iqbal Elkadi :thumbup:

  29. @ridho_a

    hho…ho :) arigato kk dho :) , saya tunggu gamenya… :bingung:

  30. @v3
    peh … :ngacir:

    tp dk usah ajak2 kk ridh ;) o jhiahahahah .. :ngakaks :ngakaks :ngakaks

  31. thanks kak ridho,tas infonya,, :shakehand

    ditunggu ya tutor game flashnya,,, :)

  32. Kurniawan Kosuma

    begh.. keren nian.. ck.. ck..

  33. @Aidou…
    wkwkkw….
    ck mn itu dek, men K’ idho ny dak d ajak spo nk ngjari Qt bwt game :malus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco