Cara Membuat Garis Grafik dengan Rave Report pada Pemrograman Delphi

Rave Report merupakan salah satu komponen yang digunakan dalam pembuatan laporan dari program yang kita buat di Pemrograman Delphi. Ternyata Rave Report tidak hanya bisa menampilkan laporan berupa tabel saja, tetapi kita juga bisa menggunakan rave report untuk menyajikan data berbentuk grafik. Grafik-grafik yang bisa dibuat bisa berupa diagram-garis atau diagram batang.

Disini tidak akan diuraikan secara lengkap cara pembuatan diagram-garis atau diagram batang. Berikut hanya akan diuraikan bagaimana cara pembuatan garis grafik di laporan Rave Report. Namun dengan pemahaman tentang pembuatan garis tersebut, diharapkan dapat dikembangkan menjadi  diagram-garis atau diagram-batang yang angka-datanya dibaca secara dinamis dari tabel database. Berikut langkah-langkah yang dilakukan dalam pembuatan garis grafik dengan menggunakan Rave Report.

Langkah 1

Buka program Delphi , lalu tambahkan komponen RvSystem dari palette Rave, dan komponen Button dari pallete Standard.

Langkah 2

Kemudian buat sebuah procedure dengan cara mengetikkan nama procedurenya di bagian deklarasi private , seperti nampak pada gambar dibawah ini.

Langkah 3

Lanjutkan dengan mengetikkan kode implementasi procedure seperti nampak pada gambar dibawah ini.

Langkah 4

Tahap berikutnya adalah pembuatan Event agar procedure CetakGrafik di atas dikerjakan.
Dalam hal ini ada 2 (dua) buah event yang kita buat. Pertama milik komponen RvSystem1 yaitu event OnPrint , dan yang kedua milik komponen Button1 yaitu event OnClick.

Setelah OnPrint diklik dua-kali, maka akan tampil code sebagai berikut.

Langkah 5

Kita ketik diantara begin-end, seperti terlihat di bawah ini.

Langkah 6

Event yang kedua adalah event OnClick komponen Button. Cara pembuatannya sebagai berikut. Pilih komponen button pada Form, lalu klik dua-kali, maka akan tampil seperti di bawah ini.

Selanjutnya ketiklah diantara begin-end, sebagai berikut

Pengeditan program selesai. Kode program lengkap ditampilkan seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Langkah 7

Kemudian program kita Run, maka tampil sebagai berikut. Kliklah button Cetak.

Tampillah menu pencetakan seperti ini. Kita klik tombol OK

Selanjutnya tampil preview laporan sebagai berikut.

Tampak pada gambar di atas garis vertikal dan garis horizontal.

Sampai disini uraian langkah pembuatan program. Tentunya program ini masih harus dikembangkan dan dilengkapi lagi sehingga dapat membuat grafik diagram-garis atau grafik diagram-batang pada laporan.

Selain itu perlu diperhatikan juga adanya perbedaan antara nilai sistem koordinat yang digunakan pada laporan dengan nilai sistem koordinat yang digunakan oleh diagram-batang. Untuk itu diperlukan fungsi untuk mentransformasikan nilai koordinat diagram-garis atau diagram-batang menjadi nilai koordinat laporan. Hal ini sudah pernah saya bahas pada tutorial sebelumnya yaitu Menggambar Diagram Garis dengan PHP.

Pengembangan berikutnya adalah angka-angka yang disajikan oleh diagram-garis atau diagram-batang bersumber dari tabel database. Mudah-mudahan pada kesempatan yang akan datang saya sajikan secara lebih lengkap.

Demikianlah tulisan tutorial ini. Ucapan terima kasih kepada pembaca yang telah meluangkan waktunya membaca tulisan ini. Semoga ada manfaatnya.

Sumber bacaan :  http://edn.embarcadero.com/article/30329

Zulkarnain Akib

Zulkarnain adalah salah satu seorang Dosen di STMIK & POLITEKNIK PalComTech. Materi yang diajarkan beliau adalah pemrograman.

4 comments

  1. wuih mantap pak jul ditunggu tutorial yang lain lagi

  2. :: Muantap Tenan.. Lanjutkan pak.. :2thumbup

  3. Pa kalo print data gambar gmn ?

  4. Gan kok saya mah masih error programnya. mohon referensi yang lebih lengkap gan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco