Desain KarakterAnimasi dengan Adobe Flash CS3

Kali ini hal yang akan dibahas adalah membuat gambar wajah karakter animasi pada Adobe Flash CS3. Disini kita akan mencoba bagaimana cara membuat gambar mata, rambut, serta wajah karakter.

Berikut hasil akhir yang akan kita buat:

Bagaimana membuat wajah karakter animasi seperti diatas? Baiklah, sebagai contoh silahkan lihat dan ikutilangkah-langkah dan gambar berikut. Langsung saja ke tutorialnya.

Langkah 1

Buatlah garis bantu sketsa untuk animasi wajah yang akan kita buat.

Buat lingkaran dengan Oval Tool, tapi cukup dengan warna Stroke. Warna Fill dibuat tidak ada.

Langkah 2

Lalu dengan Pencil Tool buat dua garis bantu yang bersilangan untuk membantu kita membuat desain wajah karakter. Dua garis silang ini bisa membantu kita menentukan letak posisi mata hidung dan mulut karakter yang akan kita buat, juga membantu kita menentukan kearah mana wajah karakter yang dibuat.

Langkah 3

Dengan garis bantu dan garis lingkar oval yang telah dibuat, mulailah mendesain wajah : lekuk pipi, mata, hidung, mulut dan telinga karakter. Disini penulis menggunakan Brush Tool untuk menggambar desain wajah karakter. Gambarkan juga tubuh karakter agar gambar terlihat sempurna (gambar tubuh hanya desain awal, yang nantinya bisa anda sempurnakan dengan pakaian dan lainnya).

Langkah 4

Jika desain wajah telah selesai dibuat, lanjutkan dengan desain rambut karakter. Hanya saja kali ini rambut karakter dibuat di layer yang berbeda. Jadi buat layer baru dan beri nama rambut sedangkan layer sebelumnya beri nama wajah. Kunci layer wajah agar tidak rusak ketika mendesain rambut untuk karakter.

Mulailah membuat rambut karakter di layer rambut.

Langkah 5

Apabila desain rambut selesai, bukalah gembok pada wajah dan hapus garis kerangka atau Line pada layer wajah tersebut. Gunakan Eraser Tool dan pilih Erase Line pada Eraser Mode sehingga anda hanya menghapus garis Lines untuk kerangka wajah saja.

Langkah 6

Oke mulailah mewarnai karakter agar karakter terlihat lebih menarik. Tapi perlu diketahui, ketika mewarnai wajah gemboklah layer rambut sehingga tidak mengganggu gambar rambut dilayer rambut begitu pula sebaliknya.

Dalam pewarnaan karakter penulis memulai dengan mewarnai wajah jadi gemboklah layer rambut serta klik warna outline agar tampak berbeda dan tidak terganggu dalam proses pewarnaan wajah.

Langkah 7

Mulailah dengan pewarnaan wajah. Pilihlah warna yang sesuai dengan wajah karakter yang dibuat. Untuk mempermudah pewarnaan pada wajah warnai saja kulit wajah dan tubuh dulu. Gunakan Brush Tool dan pilih Paint Behind dan tutup area wajah dan tubuh saja. Untuk mewarnai wajah dan tubuh secara keseluruhan gunakan Paint Bucket Tool.

Langkah 8

Selanjutnya mulailah dengan pewarnaan mata. Pada pewarnaan mata fokuslah pada mata saja. Gunakanlah Zoom Tool dan pilih area mata dan mulailah mewarnai mata karakter.

Langkah 9

Rapikan area mata yang terkena warna wajah. Gunakan Brush Tool dan pilih Paint Selection lalu pilih warna putih. Lalu dengan Selection Tool pilih warna wajah dan pilih kembali Brush Toolsehingga warna wajah saja yang tertimpa.

Selebihnya warnailah mata secara secara seksama.

Langkah 10

Baiklah saat ini pewarnaan wajah kita tahan sampai di sini. Kita lanjutkan dengan Pewarnaan rambut. Seperti sebelumnya, karena kita akan mewarnai rambut maka kali ini gantian .Gemboklah layer wajah dan hilangkan warna Outline pada layer wajah tersebut. Sedangkan pada layer rambut hilangkan fungsi Lock/Gembok dan munculkan kembali warna Outlinenya.

Mulailah merapikan gambar rambut dengan menutupi area rambut yang masih terbuka.

 

Langkah 11

Lalu warnailah dengan Paint Bucket Tool secara seksama.

Langkah 12

Klik kembali warna Outline pada layer wajah untuk melihat kecocokan antara wajah dan rambut.

Langkah 13

Beri effect cahaya atau kesan kelimis pada rambut jika perlu. Gunakan Paint Selection dan pilih warna rambut saja yang akan diwarnai, jangan sampai kena garis rambut ataupun warna lainnya.

Langkah 14

Jika pewarnaan rambut telah selesai, selanjutnya finishing warna kulit wajah sama seperti warna rambut. Kembali Lock/ Gembok layer rambut dan buka Lock pada layer wajah. Lalu lakukan pewarnaan pada layer wajah. Gunakan Paint Selection dan pilih warna kulit saja yang diwarnai.

Langkah 15

Nah, jika semua telah diwarnai berilah si karakter baju biar nggak kedinginan he… he… he… (bercanda). Ya, untuk finishing, gambar baju yang cocok untuk karakter dilayer yang berbeda. Jadi buat satu layer lagi untuk gambar baju karakter dan pastikan posisinya paling atas dari semua posisi layer yang ada.

 

Hasil Akhir

Jadi deh.. gambar karakternya. Oke, sampai sini dulu tutorial kali ini. Tunggu tutorial berikutnya dari saya …. See you.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^_^

Terry Irawan

Terry bekerja sebagai staff pengajar di LKP PalComTech Baturaja. Bidang materi yang diajarkan adalah teknisi dan desain grafis (swishmax, autocad, flash).

18 comments

  1. cool….
    ntar ajarin aq ya pak…:)
    :2thumbup

  2. keren pak,,,,,
    lanjutkan…

  3. KERENNN pakkk … Very very Like it… nie dia tutorial yg ane tunggu2 dr dulu…… :angel :peluk :hope :matabelo :matabelo

  4. keren…..
    :2thumbup
    lanjutkan
    :recsel

  5. pak,,agek gambar aq yehh yg jadi karakternyo… :malu :angel :sup2:

  6. wah,,, pak terry keren yah,,, :hope :2thumbup

  7. aku jga pak…nak buat komik gek main biso ck itu…

  8. weww, mantap sensei..:D
    bisa minta alamat DA -nya ?? :thumbup

  9. keren tu design…..

  10. bew…emangs mangstab…pak tery hidup

  11. KEREN BANGET

  12. hebaaat euiy objekna cuakeeep :angel

  13. download softwere nya bisa gk pak

  14. WEW…. MANTAP… Pak Terry Hebat… I LIKE IT…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco