Hindari Sifat Sombong

Hampir semua dari pada kita tahu dosa pertama yang di buat oleh iblis sehingga dia di campakkan ke dalam neaka oleh Tuhan yaitu karena sifat sombongnya yang tidak mau sujud kepada Manusia, karena ia terbuat dari api sedangkan manusia terbuat dari tanah. Dia diciptakan lebih dulu dari manusia, Karena sifat sombongnya itulah Tuhan menghukumnya untuk menjadi penghuni neraka yang kekal, dan sejak itu juga iblis berjanji untuk menggodai manusia dengan segala upaya, agar manusia juga berbuat dosa.

Dari kisah di atas seharusnya kita sadar akan bahayanya sifat sombong yang sering di bisikan iblis kepada kita dapat menjadikan kita sebagai orang yang merugi, bahkan  terkadang kita tidak sadar bahwa kita telah menyombongkan diri. Padahal semua orang dapat melihat sikap sombong dari diri kita.

Sikap sombong itu sangat tidak dapat ditutup-tutupi, dan sangat dapat terlihat dengan jelas dari ujung rambut sampai ke ujung kaki, dari mulai tata cara berpakaian, nada bicara, tatapan matanya, ataupun cara berjalannya, dari hal sepele seperti itupun dapat terlihat sifat sombong seseorang.

Sepantasnya tidak sedikit pun kita berhak untuk menyombongka diri, karena segala sesuatu yang kita miliki adalah anugrah dari Tuhan, baik dari segi fisik, harta, keberuntungan, semua tak lepas dari kehendak Tuhan. Sedangkan jika Tuhan menginginkan bisa saja kita terlahir sebagai orang yang sangat miskin, atau orang yang memiliki kemampuan berfikir yang minim, atau kita terlahir sebagai orang yang cacat mental ataupun fisik, tentunya tidak ada lagi yang bisa kita sombongkan.

Tidak hanya itu saja terkadang untuk sesuatu yang kita miliki, tidak sedikit yang di antara kita menyombongkan diri karenanya,contohnya seperti poton mangga yang tumbuh dan berbuah banyak dihalaman kita, sebagian akan berkata “itu adalah mangga saya, lebat kan buahnya? saya selalu merawatnya dengan baik sehingga dia tumbuh subur…”, padahal tidak ada sedikit kuasapun dari kita untuk menumbuhkan tanaman itu, selain dari izin Tuhan.

Bahkan untuk air yang kita minum, sedikit sekali diantara kita yang dapat bersukur setelah mendapatkannya karena merasa memiliki banyak persediaan, padahal sekali lagi jika Tuhan menginginkan kita dapat saja di lahirkan di tempat yang kering kerontang dan sulit mendapatkan air.

Tentang perbuatan baik kita menolong sesama ataukah bersedekah, apakah itu atas usaha kita? Sekali lagi tidak, jika Tuhan tidak memberikan kita kesempatan untuk bertemu dengan orang yang membutuhkan pertolongan tentunya kita tidak dapat menolong orang tersebut, begitu juga dengan bersedekah tentunya tidak akan dapat kita perbuat jika tidak ada rezki yang di berikan kepada kita, sesungguhnya perbuatan baik kita pun semata-mata karena Tuhan memberikan kesempatan itu kepada kita, maka dari itu janganlah kita bersikap takabur setelah menolong orang lain, apa lagi sampai mengungkit-ungkit kebaikan kita terhadap orang yang kita tolong tadi.

Demi Tuhan….., semua yang kita miliki ataupun yang kita jalani adalah seizin daripadanya, dari semua gambaran kesombongan di atas, marilah kita berhati-hati dengan sikap sombong itu, dan menghindarinya, “sombong itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan sesama manusia”, jika dihati kita terdapat satu atau bahkan keduanya dari sifat di atas, berarti kita salah satu orang yang sombong, segera lah perbaiki diri kita dengan membuang semua sifat sombong kita, dan selalu bersyukur atas segala nikmat yang kita dapatkan, baik itu nikmat kecil ataupun besar.

Novan Suseno

Novan bekerja sebagai staff pengajar di LKP PalComTech Jambi. Bidang materi yang diajarkan adalah pemrograman seperti PHP.

9 comments

  1. Thanks brother atas pencerahannya buat kita-kita……jadi ingat ustad yusuf mansur dengan sedekahnya, K.H.Muhammad Arifin ilham dengan zikir2 tauhidnya n K.H. AA Gym dgn manajemen qolbunya…… :)…. :2thumbup

  2. haha sip sip mantap..
    tapi om novan ni kalo menang dota kadang sombong tu la hahaha XD .. :2thumbup

  3. shipzz inspirasi n nasihatnya, serta uda ngengetin kaumnya. di jaga agar tetap rendah hati, :2thumbup

  4. :thumbup sipppp,,,,,,
    sangat bermanfaat :)

  5. indahnya berbagi:)….
    bt nmas andi kita saling mengingatkan aj ya…
    heheheh….

  6. wow….. :hope

  7. mntapp itu peringatan bgi kita sebagai kaum allahh.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco