Mengenal Situs Sejarah di Kota Prabumulih

Tepat pada tanggal 10 November setiap tahunnya diperingati sebagai hari Pahlawan Nasional. Berbicara mengenai Pahlawan NNasional tentunya banyak yang terlintas dibenak kita. Sejak duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) kita sudah dikenalkan dengan berbagai tokoh pahlawan di negeri ini, dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah memiliki pahlawan kebanggaan masing-masing yang telah berjasa memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Dari wilayah barat Indonesia ada Cut Nyak Dien dan Tengku Cik Dik Tiro. Dari Indonesia tengah kita kenal nama Kapiten Pattimura dan dari ujung timur Indonesia ada Silas Papare. Sebagai anak daerah asli Sumatera Selatan Palembang, tentunya tidak asing dengan nama pahlawan seperti Sultan Mahmud Badaruddin II atau AK. Gani.  Nah, kesemua tokoh tersebut tentunya memiliki sejarah dan jasa masing-masing.

Sejarah sangatlah erat kaitannya dengan benda-benda peninggalan seperti prasasti, candi, monumen dan tugu. Benda-benda tersebut merupakan bukti dan saksi bisu peristiwa sejarah yang terjadi dan untuk dikenang hingga waktu sekarang. Di Indonesia sendiri terdapat ribuan situs sejarah yang tersebar di beberapa daerah. Dari kota kecil Prabumulih yang merupakan kota perlintasan antara Palembang, Muara Enim, dan Lahat tersebut juga terdapat beberapa situs sejarah. Adapun situs sejarah tersebut antara lain sebagai berikut :

1.      Tugu Serangan Balas

Tugu Serangan Balas terletak di Jln. Jendral Sudirman, tepat di simpang tiga arah masuk lapangan sepak bola Prabujaya, Prabumulih. Tugu serangan balas tersebut dibangun oleh pemerintah kota Prabumulih dan menjadi situs sejarah yang bisa dikunjungi hingga detik ini. Pada tugu Serangan Balas tersebut terlihat salah satu pejuang daerah Prabumulih dengan bersenjata bambu runcing berhasil membunuh salah satu pasukan tentara Belanda dari belakang. Hal itu merupakan simbol saat terjadinya  pertempuran 5 hari 5 malam yang terjadi di Palembang. Saat itu pasukan Belanda berusaha untuk menguasai seluruh wilayah, hasil alam serta aset yang ada Sumatera Selatan. Petempuran sengit pun sempat terjadi di seluruh penjuru daerah. Rakyat bahu-membahu untuk menghalau pasukan Belanda masuk ke daerah mereka khusunya Prabumulih. Namun, karena kerjasama dan kekompakan seluruh masyarakat Sumatera Selatan termasuk Prabumulih, pasukan Belanda pun akhirnya banyak yang gugur dan gagal merebut wilayah Sumatera Selatan.

2.      Tugu Kecil

Tugu Kecil sebagai salah satu situs sejarah lainnya yang terdapat di kota Prabumulih. Terletak di Jln. Jendral Sudirman hanya beberapa meter dari PalComTech Prabumulih kita bisa melihat secara jelas situs sejarah tersebut.

3.      Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Prabumulih

Terletak di kelurahan Patih Galung, Arah Simpang 4 Prabumulih. Taman makam pahlawan menjadi salah satu bukti perjuangan para pahlawan hingga titik darah penghabisan. Di tempat inilah mereka bersemayam dan istirahat dengan tenang.

Sebagai generasi muda, tugas kita saat ini adalah mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan berguna. Berkarya, berprestasi membuat bangga bangsa dan negara Indonesia. Lebih susah mempertahankan sesuatu daripada meraih sesuatu. Seperti ungkapan yang pernah diucapakan oleh Bapak Proklamator kita, yakni Ir.Soekarno bahwa “ Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawannya “. Selamat hari pahlawan!.

Indah Melati

Indah Melati, Staff Account Officer (AO) PalComTech Baturaja

9 comments

  1. weww, belum pernah ke PM ni, kapan e ?? :ngacir

  2. mantapppppppppppppp
    :2thumbup :thumbup

  3. yang buat news ini, ajak saya dong di prabumulih.. :)

  4. Cihuy, maju terus Prabumulih bersama mbak Indah. haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco