Mempertahankan Sintaks Hightlight Source Code di Microsoft Word

Bagi saudara-saudara yang lain berjuang untuk membuat laporan tugas akhir, nih ada sedikit tip yang akan membantu Anda mempercantik laporan Anda. Lebih dikhususkan untuk yang ambil bagian web programming, karena tip ini berhubungan dengan salin-menyalin (copy-paste) kode sumber (source code) ke Laporan, yang pastinya laporannya dikerjakan menggunakan Microsoft Word. Bagi yang menggunakan Openoffice ataupun Libreoffice, katanya sih, bisa juga diterapkan tip ini.

Bagi yang sudah pernah melakukannya, pastinya tahu bahwa pas di copas (copy-paste) kode dari text editor (php-coder, dreamweaver, notepad++, ultraedit, netbeans, dkk) ke Microsoft Word, tata letak/format dari text-editor tersebut tidak akan terbawa ke Microsoft Word. Ini nih, contohnya:

Copy paste biasa

Setelah dirapikan.

Setelah lebih dirapikan lagi (makan waktu)

Nah, sekarang kita bisa membawa serta warna-warni/format/tata-letak kode kita yang kita ketik di text editor ke Microsoft Word. Caranya? Mudah sekali! Ikuti langkah di bawah:

  1. Download notepad++ (situsnya: http://notepad-plus-plus.org/download/). Cari versi terbaru. Dan cari installernya (.exe).
  2. Install notepad++ ke komputer Anda.
  3. Buka kode sumber (source code) yang ingin di salin di notepad++.
  4. Di menu bar, klik di bagian plugins> NppExport > Copy all format to clipboard.
  5. Paste di Microsoft Word. Dan tadaaa!! Format pada notepad++ akan ikut terbawa ke Ms Word Anda.
  6. Bila langkah #4 &#5 tidak berhasil (masih agak kacau), pilih plugins > NppExport > Copy RTF to clipboard. Dan paste kan di Ms Word Anda. Harusnya ini akan menyelesaikan masalah pada langkah #4.
  7. Nah, tinggal sedikit ditata, dan jadi deh!

Hasilnya dapat dilihat pada screenshoot di bawah :

Tampilan notepad

Copy RTF to clipboard

Copy all format to clipboard

Selamat Mencoba!

Catatan: Bagi pengguna Microsoft Visual Studio, kode-kode yang diketik di sana, formatting-nya akan ikut terbawa bila di salin ke Microsoft Word. Sayangnya, MS. Visual Studio berat, dan tidak bisa digunakan untuk mengetik kode-kode seperti php, jsp, c, c++, python, ruby, perl, dlsb. Hanya bisa untuk kode mereka sendiri.

Tonny Sofian

Tonny bekerja sebagai pengajar di LKP PalComTech Jambi. Bidang materi yang diajarkan adalah pemrograman seperti PHP & MySQL serta Linux.

4 comments

  1. Mantap Toni,

    boleh juga tulisan ini ya, nangkring di pilihan editor selama 2 bulan lebih.

    :2thumbup

  2. thanks jempolnya semua.
    @made: silakan2.. semoga bermanfaat :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco