Melihat Proses Pembuatan “Teh Botol” Secara Langsung di PT. SINAR SOSRO, Palembang

Usai menyimak profil dan sejarah bisnis PT. SINAR SOSRO, para rombogan STMIK-POLTEK PalComTech langsung diajak untuk melihat lihat pabrik produksinya secara langsung. Namun, sebelum meninggalkan ruang auditorium, para mahasiswa/i dan dosen harus memakai topi yang telah disiapkan oleh pihak PT. SINAR SOSRO.  Berikut alur ringkas bagaimana pemrosesan teh botol terjadi.

Para mahasiswa dan dosen berssiap menuju ruang produksi

Botol yang kosong dicuci dengan mesin yang sudah disetting oleh pabrik, yakni 1 botol kosong melewati 5 kali proses pencucian. Setelah dicuci, botol diberi sinar ultra violet. Dimana hal ini berfungsi untuk mendeteksi benda-benda kecil yang masih tertinggal didalam botol. Dan apabila ada botol yang masih terdeteksi masih belum bersih, atau terdapat benda-benda kecil di dalam botol tersebut. Maka botol tersebut secara otomatis, akan dikeluarkan oleh mesin.

Botol yang sudah dicuci kembali diperiksa

Melihat hasil botol yang telah dicuci

Teh yang telah diseduh dimasukkan ke dalam botol

Pemberian tanggal kadaluwarsa

Sesudah itu, barulah air teh dimasukkan kedalam botol. Bahan-bahan untuk membuat tehpun sudah disiapkan sebelumnya, dan diproses melalui mesin khusus, dan secara otomastis pula, ampas teh juga dipisahkan secara langsung, untuk nantinya dijadikan pupuk tanaman. Setelah air teh dimasukkan ke dalam botol, baru proses pemasangan tutup botol. Disinilah, yang membuat “Teh Botol” ini bisa tahan lebih lama.

“Teh Botol” yang telah siap dipasarkan

Ampas teh langsung dipisahkan diluar pabrik produksi

Dikarenakan tutup botol yang dirancang khusus menutup rapat bagian mulut botol untuk menjaga kesegaran tehnya. Dan tahap selanjutnya adalah pemberian batas waktu komsumsi, atau sering dsebut tanggal Kadaluawarsa.Tahap terakhir, “Teh Botol” didiamkan selama 3 hari di ruang khusus, sebelum “Teh Botol” siap di jual ke pasaran.

Media Center

Media Center merupakan sarana komunikasi dan interaksi warga belajar PalComTech.

3 comments

  1. teman teman Palcom sedang inspeksi inline tuh.. :ngakaks
    nice info gan !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco