Mengatasi Masalah NTLDR Pada Windows XP

“Windows Xp”  sepintas terdengar jadul, karena sekarang sudah memasuki generasi Windows 7 dan bahkan Windows 8 sekalipun. Akan tetapi dari segi penggunaan, masih cukup banyak kalangan pengguna OS keluaran Microsoft ini yang masih menggunakan Windows XP yang dikarenakan Windows XP ini sangat user friendly.

Tetapi, Windoes XP juga kerap mengalami masalah, contohnya “NTLDR is missing” ini adalah salah satu permasalahan umum pada Windows XP sesuai dengan message yang tertulis pada layar monitor saat kita menghidupkan PC nya.

Permasalahan ini terjadi karena ada salah satu bagian dari windows yang terhapus yaitu file NTLDR, baik sengaja maupun tidak disengaja, hilangnya komponen Windows ini juga biasa disebabkan karena virus yang menginfeksi file tersebut, sehingga saat terdetect oleh antivirus, filenya terhapus. Dalam keadaan tersebut tidak terjadi apa-apa pada Windowsnya, tapi setelah system di shutdown atau restart, maka akan tampil pesan seperti gambar dibawah. Solusi yang paling banyak dilakukan adalah dengan cara menginstal ulang sistem operasi. Atau jika anda ingin program-program aplikasi tidak ikut terbuang, maka anda dapat melakukan repair sistem operasi saja.

NTLDR is missing CTRL+Alt+Del to restart seperti pada gambar di bawah.

Baiklah langsung saja, kita ke pembahsannya. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah 1

Masuk ke konfigurasi BIOSnya, dan aturlah urutan bootingnya sesuai dengan saat kita menginstall OS seperti yang tampil pada gambar di bawah ini. Dan setelah itu lanjutkan dengan cara menginstall Windows XP seperti biasa.

Langkah 2

Setelah muncul layar awal Welcome to Setup Windows Xp, muncul 3 perintah pilihan. Dimana :

  1. Enter –> Install Ulang Windows XP
  2. R –> Repair / Memperbaiki Windows XP nya apabila terjadi error atau lain sebagainya.
  3. F3 –> keluar proses installasi

Nah disini kita harus memilih langkah yang simple, jangan di install ulang, tetapi cukup di repair aja. Dan pilihlah option diatas dengan menekan tombol R.

Langkah 3

Setelah menekan tombol R, maka akan tampil Repair Windows XP dengan tampilan Console (Command Prompt). Langkah awalnya adalah tekan tombol 1 kemudian ikuti dengan menekan tombol Enter. Kemudian Windows akan meminta password Administrator daripada Windows Xpnya. Jika tidak ada, kosongkan saja.

Langkah 4

Cek lah dimasing-masing drive yang terbaca pada system di komputernya. C, D, atau E. Nah untuk system yang saya pakai, Optical Drive yang berisi kaset Installasi Windows XP nya ada pada drive E:.

Langkah 5

Kemudian copy file NTDLR yang ada pada CD Windows XP nya dan tepatnya di folder i386 ke drive C: , dan file ntdetect.com pada lokasi yang sama. Dengan mengetikkan perintah seperti gambar di atas. Setelah kedua file tersebut tercopy, maka ketikkan perintah exit untuk keluar dari proses repair tersebut. Selamat mencoba!.

Kadarisman

Kadarisman bekerja sebagai staff pengajar di LKP PalComTech Jambi.

5 comments

  1. biaso nyo idak langsung masuk ke cmd cak yang di pucuk kalo di tekan R (repair). dio langsung samo cak nginstall ulang tulah. cakmno itu mas?

  2. nah klo repair yang samo persis dengan langkah install ulang itu ada di repair yang kedua pas di bagian deteksi windows version…
    satunya tekan r buat repair, satu lagi tekan esc untuk install ulang….

  3. nice info pak Kad, sering kejadian begini nih.. :)

    :thumbup

  4. Kurniawan Kosuma

    Maaf saya pakenya windows 98.. hahahhaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco