Tehnik Dasar Membuat Komik

Bagian I : Tenik Dasar Menggambar karakter Manusia (Bagian Kepala dan Wajah)

Komik adalah suatu media bertutur atau bercerita melalui gambar. Sebuah komik tidak akan dapat disebut komik jika tak memiliki unsur gambar didalamnya . Teman-teman semua tentu suka membaca komik dan  terkadang mencoba untuk menggambar  ilustrasi atau bahkan membuat komik sendiri, namun seringkali menemui kendala dan kesulitan dalam melakukannya terutama  pada proses  menggambar.  Untuk itu pada tutorial bagian pertama ini kami akan berbagi mengenai tehnik dasar dan tips dalam menggambar komik yaitu dasar menggambar  bagian kepala dan wajah pada karakter manusia.

Sebenarnya ada banyak cara dalam menggambar karakter manusia namun yang akan kami tunjukan disini adalah bagaimana cara menggambar yang baik dengan menggunakan sketsa dan garis bantu. Sketsa merupakan rancangan acuan dalam membuat suatu gambar biasanya hanya berupa garis-garis sederhana namun sangat berguna dalam menentukan bentuk pasti sebuah gambar sehingga garis-garis yang akan kita buat kemudian menjadi lebih baik dan akurat. Membuat sketsa sangat dianjurkan sebelum kita membuat sebuah gambar jadi karna dapat mengurangi kesalahan dalam menggambar. Untuk itu mari kita simak cara-cara dibawah ini :

Langkah 1

“Membuat garis patokan dasar untuk wajah”

Tahap pertama yang akan kita lakukan dalam menggambar wajah adalah membuat garis patokan untuk bagian alis dan hidung yang merupakan representasi  ukuran wajah secara vertical dan horizontal.

Langkah 2

“Membuat patokan untuk rahang”

Buatlah gari patokan untuk bagian rahang dibawah garis alis namun jangan dibuat terlalu jauh atau terlalu dekat. Lebarnya sedikit lebih mengecil dari garis patokan alis.

Langkah 3

Membuat  garis patokan mata

Garis ini dibuatdi bawah patokan alis dengan jarak yang dapat kita sesuaikan sendiri karena garis ini membantu kita menentukan besar mata karakter dan menjaga keseimbangan gambar mata yang akan kita buat.

Langkah 4

“Menyatukan garis- garis wajah

Setelah patokan alis, hidung , rahang dan mata telah dibuat kita dapat menyatukan atau membuat garis outline wajah dimulai dari patokan alis sampai dagu.

Langkah 5

“Membuat bentuk dasar mata, hidung dan mulut”

Mulailah membuat  dasar bentuk mata,alis, hidung dan mulut pada  garis-garis patokan  yang  telah dibuat, jangan lupa unutk memperhatikan proporsi  dan keseimbangannya.

Langkah 6

“Membuat dasar rambut pada garis batas rambut dan kepala”

“Menyelesaikan seluruh bentuk  elemen wajah dan kepala”

Buatlah bentuk alis, mata, hidung , mulut dan rambut dengan lebih sempurna.

Langkah 7

“Memperhalus dan mempertegas bentuk wajah”

Langkah terakhir adalah mempertegas gambar  dengan lebih menebalkan garis-garisnya atau menimpanya dengan pena. Garis patokan atau sketsa yang ada dapat dihapus agar gambar menjadi bersih.

Pose wajah diatas adalah pose dasar, teman-teman dapat membuat lebih banyak pose yang berbeda berdasarkan posisi tubuh, angle view atau gerak tokoh. Untuk membuat pose lain yang lebih sulit biasakanlah unutk berpikir secara 3 dimensi dimana kita dapat membayangkan gambar kepala yag kita buat memiliki volume atau ruang yang dapat dilihat dari berbagai sudut.

Berikut ini adalah contoh urutan pembuatan gambar kepala dan wajah dari pose yang lainnya.

Pose setengah menyamping :

 Pose menyamping :

Pose menunduk kebawah ( dilihat dari atas) :

Pose melihat keatas (dilihat dari bawah) :

Pose seperempat menyamping :

 

Ok, sekian saja tutorial yang kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua yang gemar menggambar dan selamat mencoba!

Eko Setiawan

Eko bekerja sebagai staff pengajar di LKP PalComTech Palembang. Bidang materi yang diajarkan adalah Teknisi Komputer dan Networking. Ia aktif sebagai Pembina klub Japanesia PalComTech

10 comments

  1. Wow, mantap ini. Your manga style yo. :2thumbup

  2. hehe… itu yang gambar ketua Japanesia PalComTech. Namanya Ayu Ratna..

    Kapan2 kalo ke Palembang ngumpul ter bareng club Japanesia. kito bikin komik…

    :thumbup

  3. Keren!!

    Gimanaya, aku bisa bikin komik? Aku bisanya menggambar aja sihhh….

    =_=”

    (Naila Cantika, 11 tahun)

  4. kereeeeeennnnn, ada yg laen gak..??

  5. bisa ajarin cara menggambar manga lebih banyak lagi……….?

  6. Sangat berguna artikel ini saudara. :D

  7. Thanks… :D Gimana caranya ngirim komik ke perusahaan??

  8. Good…Saya terbantu dengan website ini…saya semakin bisa membuat sketsa2 lainnya. Thanks..GBU all.

  9. I like it..semakin suka buat artikel kayak gini y …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco