Menggunakan Microsoft Excel Untuk Menghitung Kelayakan Keuangan Dalam Suatu Studi Kelayakan Bisnis

Pengertian studi kelayakan proyek atau bisnis adalah penelitian yang menyangkut berbagai aspek baik itu dari aspek hukum, sosial ekonomi dan budaya, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi sampai dengan aspek manajemen dan keuangannya, dimana itu semua digunakan untuk dasar penelitian studi kelayakan dan hasilnya digunakan untuk mengambil keputusan apakah suatu proyek atau bisnis dapat dikerjakan atau ditunda dan bahkan dibatalkan.

Dalam studi kelayakan keuangan (financial feasibility study) alat ukur yang biasa digunakan adalah Net Present Value (NPV) dan Internal Rate of Return (IRR),  dimana apabila suatu project atau investasi telah lolos uji menurut analisis kelayakan ini, maka secara financial kita dapat mengatakan bahwa project tersebut dapat dijalankan. Asumsikan bahwa STMIK-POLTEK PalComTech akan melakukan ekspansi kampus dengan mendirikan bangunan yang akan menghabiskan biaya sebesar 3 milliar rupiah, kelayakan project ini akan dinilai selama 5 tahun, dimana arus kas bersih yang masuk selama 5 tahun tersebut dirincikan sebagai berikut :

Langkah selanjutnya adalah kita akan menghitung tingkat Net Present Value (NPV) dengan menggunakan excel, dimana formula excel akan meminta kita untuk menginput dengan format sebagai berikut :

=NPV(rate;value1;value2 dst)

Dimana rate adalah tingkat suku bunga yang digunakan, jika akan membangun dengan biaya sendiri, maka gunakan tingkat suku bunga tabungan/deposito, sedangkan jika kita menggunakan uang pinjaman/kredit, maka kita gunakan tingkat suku bunga kredit/pinjaman, untuk kasus ini maka kita gunakan suku bunga deposito sebesar 6%, untuk value1 dan seterusnya diisi dengan nilai arus kas keluar dan masuk. Dengan catatan arus kas keluar (total investasi) sebesar 3 milliar harus bertanda negatif.

Lalu tekan enter sehingga muncul tampilan sebagai berikut :

Dari hasil perhitungan di excel dapat dilihat bahwa nilai NPV bertanda positif sebesar Rp1.881.302.169,38 sehingga dapat dikatakan bahwa investasi yang dilakukan untuk jangka waktu penilaian selama 5 tahun adalah layak untuk dilakukan.

Selanjutnya adalah menghitung Internal Rate of Return (IRR), dimana IRR adalah persentase tingkat suku bunga yang akan membuat nilai arus kas menjadi 0, dengan kata lain IRR adalah tingkat suku bunga internal dari hasil investasi yang kita jalankan, dimana IRR ini akan dibandingkan dengan tingkat suku bunga deposito (bila investasi dengan uang sendiri) atau tingkat suku bunga pinjaman (bila investasi dengan dana pinjaman). Dimana suatu investasi dikatakan layak jika IRR lebih besar dari tingkat suku bunga yang digunakan. Untuk kasus diatas maka perhitungannya adalah sebagai berikut :

Cara menggunakan excel untuk mencari nilai IRR adalah dengan cara mengentik formula dengan format sebagai berikut =IRR(values;guess) dimana nilai values diisi dengan array dari nilai investasi awal hingga cashflow 5 tahun, sedangkan untuk nilai guess diabaikan saja. Selanjutnya tekan enter sehingga tampil tampilan sebagai berikut :

Selanjutnya adalah membandingkan nilai IRR dengan tingkat suku bunga yang dipilih, diasumsikan nilai tingkat suku bunga yang digunakan adalah tingkat suku bunga pinjaman sebesar 15%, dengan nilai IRR sebesar 25,13% lebih besar dari 15% maka tingkat keuntungan yang diperoleh dari investasi tersebut lebih besar dari tingkat bunga yang harus dibayarkan atas pinjaman investasi tersebut. Dengan kata lain investasi tersebut layak untuk dijalankan.

Muhammad Hidayat

Muhammad Hidayat adalah seorang Dosen Tetap Program Studi Akuntansi Politeknik PalComTech

8 comments

  1. pak…. kalo uji validitasnya menggunakan product momment bisa ngga?
    :request

    • untuk uji validitas bisa menggunakan product moment,
      namun untuk metodenya lebih baik menggunakan structured equation model (SEM) agar hasilnya lebih memuaskan, lebih jelasnya nanti saya sharing bukunya
      :alay :alay

    • Saya ingin tau berapa IRR utk value dibawah ini :
      Investasi Rp. 128,000,000,000
      Loan 102,000,000,000
      Total Bunga Pinjaman 71,000,000,000

      IRR ?

      Thanks

  2. Saya ingin tau berapa IRR utk value dibawah ini :
    Investasi Rp. 128,000,000,000
    Loan 102,000,000,000
    Total Bunga Pinjaman 71,000,000,000

    IRR ?

    Thanks

  3. pak, kalo ada soal pakek biaya per tahun ap berpengaruh sm hasil ny ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco