Menyimak Proses Pencetakan Koran Di Sumatera Ekspres

Baca artikelnya sebelumnya….

Ada yang kurang lengkap rasanya jika tanpa melihat proses pencetakan koran secara langsung. Namun, sebelum menuju ke ruang pencetakan, terlebih dahulu para siswa/i diajak menuju ruang redaksi yang berada dilantai 2. Sepintas ruangan ini terlihat kosong, semua siswa/ heran kenapa ruang ini kosong dan tidak ada karyawan atau wartawan bekerja diruangan ini, yang ada hanya peralatan kerja seperti komputer dan lain-lain.

“Saat ini para wartawan Sumeks sedang memburu berita diluar sana, dan mereka akan datang kesini sekitar pukul 19.00 WIB malam nanti”, ungkap Agus kepada siswa/i. Barulah rasa penasaran siswa/i terjawab, kemudian Agus menjelaskan tahap demi tahap proses pengumpulan berita hingga tahap pencetakan koran. Penasarankan? yuk kita simak prosesnya dibawah ini.

Berita yang berhasil diliput dan sudah diketik oleh wartawan dikirimkan ke Server melalui via email. Proses pengumpulan berita ini dilakukan hingga pukul 22.00 WIB. Lalu berita tersebut dikirim ke Tim Redaktor yang bertugas menyeleksi berita, maksudnya memilih berita mana yang pantas untuk dicetak dan dipublikasikan. Setelah itu berita yang berhasil diseleksi oleh Tim Redaktor, dikirimkan ke Tim Editor. Tim Editor bertugas melakukan pengecekan ulang terhadap berita tersebut, mulai dari penulisan kata, tanda baca bahkan narasumber berita tersebut. Ini dilakukan karena demi kenyamanan para pembaca setia Sumatera Ekpres.

Siswa/i berada di ruang redaksi

Selanjutnya berita menuju proses Pracetak, yakni proses pendesainan pada koran, seperti peletakan layout, dan ketentuan Typograhpy lainya, setelah itu berita benar-benar siap untuk dicetak. Saatnya menuju ruang pencetakan yang berada dilantai dasar. Para siswa terlihat sudah tidak sabar lagi ingn melihat proses pencetakan secara langsung.

Siswa/i diajak melihat proses pencetakan koran

Setibanya di ruang pencetakan, siswa/i bisa melihat secara langsung mesin pencetak serta bahan yang akan digunakan. Tetapi, mesin terlihat mati, karena pencetakan dilakukan pada pukul 02.00 WIB dini hari nanti. Biasanya mesin pencetak ini bisa menghasilkan kurang lebih 20 ribu hingga 150 ribu koran perharinya, proses pencetakanpun berlangsung hingga pukul 04.00 WIB (dini hari). Setelah itu koranpun siap disalurkan ke agen-agen yang berada di kota Palembang, maupun diluar kota Palembang bahkan di beberapa Kabupaten, seperti Lubuklinggau, OKU Timur, OKU Pusat, Kayu Agung dan Kabupaten lainnya.

Penyerahan Cinderamata kepada Sumatera Ekspres

Usai menyimak dan melihat langsung proses pencetakan koran, para siswa/i dan instruktur harus berpamitan kepada Agus dan segenap Karyawan Sumatera Ekspres lainnya yang turut menemani dan memberikan informasi kepada siswa/i LKP PalComTech Palembang. Kunjunganpun diakhiri dengan foto bersama dan pemberian cinderamata dari LKP PalComTech kepada Sumatera Ekspres.

GALERI FOTO

Media Center

Media Center merupakan sarana komunikasi dan interaksi warga belajar PalComTech.

One comment

  1. di ruang design pakai MacOS semua !? :matabelo:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco