Kemuliaan di Bulan Ramadhan

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Asalammualaikum….

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, sehingga di dalam Al-Quran pun di perintahkan untuk seluruh umat beriman untuk berpuasa di bulan ini agar mendapatkan syafaat dari bulan ini, bukan cuma sekedar mendapatkan lapar dan haus, karena di bulan Ramadhan adalah bulan yang mana semua doa kita di terima oleh Allah SWT dan amal ibadah kita di lipat gandakan pahalanya, sungguh sebuah kesia-siaan jika kita melewati bulan ini dengan biasa saja, tanpa memperbaiki pola beribadah kita, seperti yang di lakukan Rasulullah SAW dimana saat datangnya bulan Ramadhan Rasulullah SAW mengencangkan ikat pinggang, menghidupkan malamnya dengan beribadah dan membangunkan keluarganya, seperti yang diutarakan Aisyah RA.

Apa yang membuat Rasulullah beribadah dengan begitu spesial di bulan ramadhan, mari kita kaji apa saja keistimewaan bulan Ramadhan?, mari kita lihat dibawah ini:

1.      Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang ke 4

Inilah rukun Islam keempat yang wajib dilakukan oleh seorang muslim yaitu berpuasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadhan dengan menahan makan, minum dan berhubungan suami istri serta pembatal lain dari mulai terbit fajar sampai tenggelamnya matahari.

2.      Bulan diturunkannya Al Qur’an.

Sebagai salah satu peringatan bulan turunnya Al Qur’an ke dunia sesuai dengan isi Al Quran surat Al Baqarah ayat 185.

3.      Bulan Penghapusan Dosa

Rasulullah Muhammad  SAW bersabda: “Barang siapa yang berpuasa dibulan ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari dan Muslim).

4.      Perisai Dari Api Neraka

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. : Rasulullah SAW pernah bersabda,” Puasa adalah perisai (dari api neraka). Maka orang yang berpuasa janganlah berhubungan badan dengan istrinya atau berbuat jahil, dan apabila seseorang memaki atau mengajak berkelahi, katakan kepadanya,’aku sedang berpuasa’. Nabi Muhammad Saw. menambahkan,”demi Dia yang menggenggam jiwaku, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada wangi misk. (dan inilah perkataan Allah terhadap orang yang sedang berpuasa), ‘ia tidak makan dan minum dan meninggalkan nafsunya karena Aku. Puasa adalah untuk-Ku dan Aku lah yang akan membalasnya, dan setiap kebaikan akan dibalas sepuluh kali lipatnya’.”

5.      Bulan Penuh Berkah dan DiterimaNya Semua Doa

Dari Ubadah bin Ash-Shamit, bahwa Rasulullah saw -pada suatu hari, ketika Ramadhan telah tiba- bersabda: Ramadhan telah datang kepada kalian, bulan yang penuh berkah, pada bulan itu Allah swt memberikan naungan-Nya kepada kalian. Dia turunkan Rahmat-Nya, Dia hapuskan kesalahan-kesalahan, dan Dia kabulkan do’a. pada bulan itu Allah swt akan melihat kalian berpacu melakukan kebaikan. Para malaikat berbangga dengan kalian, dan perlihatkanlah kebaikan diri kalian kepada Allah. Sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang pada bulan itu tidak mendapat Rahmat Allah swt”. (HR Ath-Thabarani).

6.      Di Buka Seluruh Pintu Langit dan Di tutup Semua Pintu Neraka

Rasulullah Muhammad  SAW bersabda: “Apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu – pintu langit dibuka, sedangkan pintu – pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu“ ( HR Bukhari dan Muslim ).

7.      Terdapatnya Malam Lailatul Qadar yang Lebih Baik dari 1000 Bulan

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (AlQuran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaa itu?Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai fajar.” (Al Qadr 97:1-5).

8.      Pahala yang Berlipat Ganda

“Barangsiapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan didalamnya, samalah dia dengan orang yang menunaikan shalat fardhu dibulan yang lain. Dan barangsiapa yang menunaikan suatu fardhu didalamnya, samalah dia dengan orang yang mengerjakan tujuh puluh fardhu di bulan yang lain. Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga” (HR.Ibnu Khumairah).

9.      Pintu Surga Arrayan Bagi Orang yang Berpuasa

Dari Sahl bin Sa’ad –radhiallahu’anhu- ia berkata : Rasulullah shallallahu’alaihi Wa sallam bersabda : “Sesungguhnya di jannah ada satu pintu yang dinamakan Ar-Rayyan, akan masuk dari pintu tersebut nanti pada hari kiamat orang-orang yang dulunya berpuasa,dan tidaklah masuk dari pintu tersebut selain mereka. Dikatakan :

“Mana orang-orang yang dulunya berpuasa? Sehingga mereka masuk dari pintu tersebut, dan jika mereka telah masuk semua, maka ditutuplah pintu tersebut dan tidak ada seorangpun yang masuk selain mereka”.

Itulah sebagian dari pada keistimewaan bulan Ramadhan, yang tentunya masih banyak lagi, jadi begitu mulia dan istimewanya bulan ini, jangan sampai kita sia-siakan kesempatan emas ini.

Lipatgandakanlah kerajinan kita dalam beribadah di bulan Ramadhan kali ini, karena kita tidak bisa jamin apakah kita akan ketemu bulan ini kembali di tahun mendatang.

Wassalam…

Novan Suseno

Novan bekerja sebagai staff pengajar di LKP PalComTech Jambi. Bidang materi yang diajarkan adalah pemrograman seperti PHP.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco