Saling Menghargai Dalam Hidup

Perbedaan tak seharusnya membuat kamu berpisah, karna perbedaan seharusnya membuatmu sadar bahwa kamu dan dia saling membutuhkan

 

Sebagai masyarakat yang memiliki kepercayaan, tentu kita meyakini bahwa sikap menghargai dan menjalin kerja sama merupan rahmat dari tuhan yang maha esa. Karna percaya atau tidak sikap saling menghargai dan menjalin kerja sama dapat menembus batas batas perbedaan diantara kita, sehingga perbedaan tersebut tidak menjadi alasan untuk membedakan satu dengan yang lain hingga terbentuknya satu kesatuan yang kuat, baik dari ruang lingkup lingkungan kecil sampai ruang lingkup yang lebih besar.

Kenapa hal demikian  berpengaruh sangat besar … ?

Jawabanya sangat sederhana, apakah anda tahu bagaimana sifat dasar dari seseorang ? seseorang memiliki rasa ingin selalu dihormati dan dihargai oleh orang lain, baik dari seseorang dengan temannya, seseorang dengan pacarnya, seseorang dengan atasannya atau sebaliknya seseorang dengan bawahannya. Begitu kuatnya rasa tersebut mampu menghapus perbedaan antara kita.

Bagai mana sikap kita untuk saling menghargai … ?

Hal yang berdampak buruk yang  menghalangi seseorang untuk bisa menghargai orang lain terlebih dahulu yaitu sifat yang tidak maunya memulai diri untuk menghargai, kebanyakan orang akan menghargai orang lain apa bila ia telah dihargai oleh orang lain pula, bila hal demikian ada pada seseorang, kapan sikap saling menghargai tersebut akan bisa diterapkan ? kapan pula kita akan bisa dihargai orang lain, sedangkan kita sendiri tidak bisa menghargai pendapat kita sendiri untuk menghargai orang lain terlebih dahulu. Ayah saya pernah berkata kepada saya “ jika kamu tinggal bersama orang lain, buatlah orang tersebut senang kapada kamu” sebuah kata yang sangat luar bisa menurut saya, karna untuk membuat orang tersebut senang kepada kita, langkah awalnya tentu kita harus menghargai orang tersebut, barulah kita akan dihargai juga orang lain . bagaimana menurut anda … ?

Seseorang sering lalai akan rezeki yang dilimpahkan oleh tuhannya kepadanya, tampa ia sadari kadang ia bertupu untuk menyombongkan diri dengan apa yang didapatnya, seringkali ia ingin dihargai kadang dengan cara memaksa, seperti seorang kakak ingin di hargai oleh adiknya, karna ia merasa lebih dewasa,  seorang guru ingin dihargai oleh siswanya karna ia seorang pengajar, seorang atasan ingin dihargai oleh karyawannya karna ia merasa memiliki wewenang yang besar. Sedangkan caranya sendiri tidak bisa menunjukan bahwa ia layak akan di hargai, Apakan cara yang demikian baik menurut anda ? Menurut saya tak ada orang yang tak ingin di hargai, tapi bila rasa dihargai itu karna terpaksa sungguh merugi lah orang tersebut, kenapa demikian, karna sikap seseorang kepada dirinya bukanlah dari lubuk hatinya lagi atau dilakukannya dengan sikap terpaksa hingga tidak ada lagi rasa ikhlas untuk menjalankannya, pernahkan anda membaca atau mendengar tentang sebuah kata yang perlu kita camkan “manusia itu mahluk sosial“ apakah anda tahu apa artinya … ? dan apa hubungannya dengan artikel ini ? ya kita mahluk yang saling membutuhkan bantuan orang lain, karna kita tak akan sanggup bila hidup hanya seorang diri, jadi janganlah bersikap angkuh dengan orang lain bila suatu nanti kita juga butuh dengan orang yang lain. Coba anda pikirkan makna kata diatas, mungkin akan membuat kita sadar betapa kita nanti akan membutuhkan tenaga orang lain juga untuk membantu kita.

Bakar Ali

Bakar Ali bekerja sebagai staff pengajar di LKP PalComTech Pekanbaru. Materi yang diajarkan Microsoft Office dan Photoshop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco