Cara Menghilangkan Jenuh Dalam Belajar

Belajar adalah kata yang tidak asing lagi, terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa. Masing-masing mempunyai cara belajar yang berbeda-beda. Ada  yang betah belajar berlama-lama, ada yang hanya sebentar, bahkan ada pula yang melihat buku saja seperti alergi sehingga tidak mau belajar. Rasa jenuh saat belajar juga sering kali terfikirkan dan membuat kita jadi malas belajar. Hal itu pun saya alami dikala saya belajar di rumah maupun di kampus. Nah disini penulis ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan kejenuhan saat belajar, diantaranya :

  1. Hentikan belajar sementara dan mulailah pejamkan mata sejenak lemaskan otot2 dan syaraf. Lepaskan semua beban yang ada di pikiran anda.
  2. Basahi muka anda hingga anda merasa segar,dan istirahatlah sejenak sebelum melanjutkan belajar kembali.
  3. Kerjakan solat dan bacalah al-quran setelah belajar(jika anda beragama islam)
  4. Beristirahatlah dan isilah istirahat anda dengan kegiatan sederhana yang paling anda senangi.(co : bermain gitar,mendengarkan musik dsb.)
  5. Melakukan belajar dengan perasaan senang dan kreatif.
  6. Anggaplah belajar itu sebagai kebutuhan mendesak.

Suatu pekerjaan yang dilakukan dengan perasaan senang akan menimbulkan perasaan senang juga . Begitu juga dengan kegiatan belajar, apabila merasa senang, maka akan memiliki gairah dan semangat untuk belajar. Lama kelamaan perasaan jenuh akan terkikis dan hilang. Belajar juga menguras tenaga dan pikiran lho. Nah, dengan beristirahat sejenak dan mendengarkan musik dapat sedikit merefresh otak. Belajar jangan hanya untuk menggugurkan kewajiban. Artinya, belajar selain sebagai kewajiban, juga harus menjadi kebutuhan yang harus segera di penuhi untuk menambah ilmu. Karena kebodohan dekat dengan kemiskinan.

Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan. Mungkin salah satu diantara cara tersebut dapat membantu anda mengatasi rasa jenuh saat belajar. Semoga bermafaat dan Selamat mencoba !!!

Marlin

Marlin adalah instruktur PalComTech Pekanbaru, materi yang diajarkannya adalah flash dan aplikasi web

4 comments

  1. mantap kak tipsnya,

    apolagi momen belajar ‘HotRush’ (kejar tayang, hehe) kalo minggu2 nak UTS atau UAS.. kalo sistem belajarnyo dag disiasati, biso2 badan dewek yg ‘ambruk’ dikemudian :D

    :2thumbup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco