7 Trik Rahasia Adobe Photoshop, Kamu Pernah Coba?

Halo semuanya ketemu lagi dengan saya Ferlian Satria, Instruktur Luar Biasa dari PalComTech LKP Baturaja. Kali ini kita akan membahas tentang aplikasi pengolah gambar yang paling populer saat ini. Yap, Adobe Photoshop. Banyak dari kita, terutama yang udah/sedang belajar di PalComTech tentunya udah bisa pake aplikasi satu ini.

Meskipun udah banyak dari kita yang udah bisa pakai Adobe Photoshop, tapi banyak dari kita yang belum tau beberapa trik tersembunyi yang bahkan bagi seorang yang udah lama menggunakan aplikasi ini masih banyak yang belum tau beberapa trik tersembunyi yang bisa membantu atau memudahkan pekerjaan kita dalam mengolah gambar atau mendesain.

Apa itu? Banyak! Ada puluhan trik yang bisa kita pelajari. Tapi kali ini kita hanya akan membahas beberapa dari trik yang kira-kira paling membantu dalam penggunaan aplikasi ini. Langsung aja mari kita bahas satu persatu.

  1. Mengatur Style secara Interaktif

Ketika kita menggunakan layer style drop-shadow,  geser dialog box nya kesamping. Trus klik dan drag di kanvas kerja kita menggunakan mouse, dan bayangan dari drop-shadow yang sedang kita buat akan mengikuti arah pointer kita.

7photoshop

2. Mengulang Transformation

Ketika kita telah membuat transformasi terhadap suatu layer menggunakan Edit>Transform, kita bisa dengan cepat mengulangi transformasi yang sama ke layer atau objek yang laik. Cara cukup mudah cukup menekan tombssol Ctrl+Shift+T, dan photoshop akan mengulang transformasi yang sama pada layer yang sedang aktif.

3. Menggabung Vector Shapes

Jika kita menggunakan Photoshop CS 6, kita bisa menggabungkan atau merge dua vector shape menjadi satu dan tetap menjaganya sebagai vector yang bisa di-edit. Caranya simple cukup dengan memblok dua layer vector yang ingin kita gabung, kemudian tekan tombol Ctrl+E pada keyboard bersamaan dan kedua layer vector tersebut tergabung namun tetap sebagai vector shape.

7photoshop2

4. Menutup dokumen dengan cepat

Kita bisa menutup dokumen dengan cepat. Kita mungkin familiar dengan Ctrl+F4. Namun itu hanya menutup dokumen yang sedang dipilih, artinya kita menutupnya satu persatu. Sedangkan kita ingin menutup semuanya sekaligus. Gampang kok. Kita cukup menekan tombol Shift+Ctrl+W, dan semua dokumen yang sedang dibuka akan tertutup tapi Adobe Photoshop nya tetap berjalan.

 

5. Mengubah Satuan Ukur dengan Cepat

Ketika kita membuka dokumen baru Adobe Photoshop kita bisa mengatur satuan ukur sesuai dengan kebutuhan kita, tapi terkadang kita perlu untuk merubahnya menjadi satuan yang lain. Normalnya cara untuk mengubahnya itu dengan cara memilih Edit>Preferences>Units & Rulers. Tapi ada cara yang lebih cepat! Cukup dengan klik kanan pada Ruler dan pilih satuan ukur yang kita inginkan. :D

6. Memasukkan Lorem Ipsum

Ada fitur kecil tapi cukup membantu menghemat waktu ketika kita membuat desain contoh, yaitu dengan memasukkan teks Lorem Ipsum. Bagi yang belum tahu, Lorem Ipsum adalah fitur teks yang sering digunakan oleh designer untuk mengisi teks yang tidak spesifik. Cara memasukkannya gampang kok. Pertama buat type box dengan mengklik drag menggunakan type tool. Kemudian klik menu Type>Paste Lorem Ipsum, maka teks Lorem Ipsum akan masuk secara otomatis.

7photoshop3

7. Bird’s Eye View

Jika kita melakukan pekerjaan sperti cloning atau perbaikan bentuk, kita sering lupa dengan gambar besarnya atau gambar secara utuh dari foto yang sedang kita kerjakan. Terutama jika kita sedang melakukannya pada zoom level yang tinggi sehingga kita tidak bisa melihat gambar secara keseluruhan.

Dengan fitur Bird’s Eye View, ketika kita sedang berada pada zoom in kita bisa menekan/menahan tombol H pada keyboard, dan klik pada mouse maka tampilannya akan berada zoom fit screen sementara. Ketika kita melepaskannya, maka zoom-nya akan kembali ke posisi semula.

Demikian artikel tentang 7 Trik Tersembunyi Photoshop ini, bagaimana teman-teman? Mudah bukan?. Saya rasa cukup membantu. Apalagi bagi kita yang bekerja menggunakan Adobe Photoshop sehari-hari. Terima kasih kepada teman-teman yang telah meluangkan waktunya untuk membaca tutorial ini. Jika kamu suka tutorial ini, share ke teman-teman kamu :).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Shares