Berkenalan Dengan SSD (Solid State Drive)

Salam sukses..jumpa lagi dengan saya, pada pertemuan kali ini saya akan membahas salah satu perkembangan dalam dunia komputer khususnya dalam hal penyimpanan data yaitu teknologi yang berkembang untuk media penyimpanan data. Baiklah kita ikuti saja artikelnya. Perkembangan teknologi dibidang komputer …

Review Overview

User Rating: 2.35 ( 6 votes)
0

Salam sukses..jumpa lagi dengan saya, pada pertemuan kali ini saya akan membahas salah satu perkembangan dalam dunia komputer khususnya dalam hal penyimpanan data yaitu teknologi yang berkembang untuk media penyimpanan data. Baiklah kita ikuti saja artikelnya.

Perkembangan teknologi dibidang komputer maju sangat pesat, bermunculan teknologi baru yang semakin memudahkan penggunaan. Tak terkecuali untuk teknologi penyimpanan data, Kalau pada era awal ditemukannya komputer, media untuk penyimpanan data masih menggunakan magnetic tape, kemudian ditemukan teknologi hardisk drive(HDD) yang membawa perubahan yang cukup significant dalam bidang komputing, kecepatan  transfer data yang tinggi diiringi dengan kapasitas penyimpanan yang besar menjadikan HDD digunakan sebagai media penyimpanan data yang handal.

ssd

Hardisk drive(HDD)

Namun perkembangan teknologi terus maju dengan pesat, sekarang adalah trennya teknologi mobile. Teknologi yang berkembang kearah mobile computing menuntut teknologi baru dalam hal penyimpanan data.Walaupun teknologi hardisk sudah digunakan untuk komputer- komputer bergerak seperti laptop, namun isu terbesar dari penggunaan hardisk adalah hardisk terdiri dari komponen-komponen mekanis dimana terjadi perputaran secara mekanis yang menuntut kestabilan perputaran dimana goncangan dan benturan yang terjadi terus menerus terhadap HDD mempunyai efek buruk terhadap mekanisme pergerakannya yang bisa menyebabkan kerusakan.

Untuk mengatasi masalah tersebut telah dikembangkan teknologi SSD(solid state Disc). Media penyimpanan pada SSD mirip dengan memori komputer.Diibaratkan bahwa SSD adalah seperti kartu memori berukuran raksasa  yang bisa digunakan sebagai peralatan penyimpanan data utama pada komputer. Karena SSD bekerja secara elektronik penuh,maka ia juga sangat cepat. Proses booting menggunakan SSD lebih cepat dibandingkan HDD.  Lebih dari itu keuntungan lain penggunaan SSD adalah hanya membutuhkan daya yang kecil dan juga bobot yang ringan dibandingkan HDD. Dipasaran sudah ada beberapa vendor yang memproduksi SSD, contonya: Tosibha, samsung, kingston dan masih banyak lagi dengan berbagai pilihan kapasitas penyimpanan. Berikut contoh gambar SSD dari berbagai vendor didunia.

ssd2

SSD Toshiba

ssd3

SSD Samsung

Pada saat ini kelemahan utama penggunaan SSD adalah pada masalah harga, dimana untuk tipical  yang sama SSD membutuhkan biaya mencapai 6x dibandingkan Harddisk. Juga untuk saat ini kapasitas penyimpanan hardisk yang ada di pasaran masih lebih besar dibandingkan dengan kapasitas SSD yang ada. Namun saya yakin kondisi ini akan berubah, artinya teknologi SSD sendiri  kedepannya akan terus dikembangkan untuk mencapai kondisi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna yang juga semakin meningkat.

Demikianlah review saya mengenai SSD, mudah-mudahan sedikit banyak menambah wawasan kita terutama saya sendiri dalam hal perkembangan teknologi dewasa ini, dan tentunya akan banyak lagi berkembang teknologi baru yang akan memberikan kemudahan dalam menunjang kegiatan kita.

Benny Wijaya

Benny Wijaya adalah seorang Dosen Tetap Program Studi Desain Komunikasi Visual di Politeknik PalComTech

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Yuk kita share...