Jenis-Jenis Lensa Kamera DSLR dan Fungsinya By UKM Photography

Hai PalComSter…..

Bertemu lagi bersama kami dari Ukm Photography PalComTech,kali ini kami akan menampilkan artikel  yang berisi tentang pengenalan terhadap jenis jenis lensa pada kamera,kalau begitu langsung saja kita simak artikel berikut :

Hal yang wajib dan harus dipahami oleh pecinta fotografi khususnya fotografer yang ingin menjadi seorang fotogafer yang profesional. Kenapa wajib ? Karena setiap lensa kamera itu fungsinya berbeda-beda Dan gambar yang hasilkanpun akan berbeda. Selain fungsi dan macam-macam jenis kamera DSLR akan menghasilkan objek yang benar-benar diharapkan. Walaupun tidak ada kepastian rumus mengenai seni fotografi tetapi setiap gambar yang dihasilkan dengan macam jenis lensa akan membuat hasil gambar lebih baik jika menggunakan lensa yang tepat.

1

Namun bukan berarti kita harus memiliki semua jenis lensa, kecuali kita memang membutuhkan kesemua jenis lensa kamera DSLR. terlebih jika anda tidak memiliki budget yang banyak, so jangan terlalu memaksakan untuk membeli lensa perhatikan kembali kebutuhan kita. Nah dibawah ini penjelasan mengenai beberapa jenis lensa DSL/SLR beserta fungsinya :

  • Lensa KIT/Lensa Normal 

Lensa yang berukuran 50 – 55 mm ini akan menghasilkan foto/gambar secara natural seperti yang dilihat oleh mata kita.

2

Lensa jenis ini memiliki fungsi untuk memeatakan cahaya sehingga terlihat seperti pandangan mata normal manusia, hal ini terjadi karena panjang titik fokus lensa sebanding dengan diagonal bidang fokal dengan sudut pandang diagonal sekitar 53 derajat.

  • Lensa Fixed/Lensa Tetap 

Lensa Fixed atau lensa tetap sering juga disebut Prime karena dalam istilah Prime adalah lawan kata dari Zoom. Lensa Fixed atau lensa prime merupakan lensa yang memiliki satu focal length tunggal atau panjang fokus tunggal. Lensa ini memiliki kelebihan pada ketajaman gambar yang dihasilkan dan dari segi harga lensa jenis ini cukup terjangkau. Contoh lensa Fixwd adalah lensa Nikon 35 mm f/1.4G, Canon 50 mm f/1, dan lain-lain.

3

  • Lensa Fish Eye/Lensa Mata Ikan 

Mengapa dinamakan lensa mata ikan ? mungkin karena gambar yang dihasilkan akan seperti pandangan mata ikan. Lensa ini merupakan jenis Wide Angle dengan diameter 14 mm, 15 mm, dan 16 mm. Lensa Fish Eye atau lensa mata ikan memberikan pandangan 180 derajat. Gambar yang dihasilkan akan berbentuk sedikit melengkung, menjadi lebih oval, dan Nampak gepeng. Pertama kali lensa ini digunakan meteorology untuk mempelajari barisan awan yang dinamakan “whole-sky lenses”.

4

  • Lensa Parfokal

Lensa Parfokal merupakan memiliki fungsi untuk mempertahankan ketajaman fokusnya walaupun terjadi perubahan pada panjang fokus lensa.

5

  • Lensa Zoom

Lensa jenis ini merupakan gabungan dari lensa standar, lensa wide angle dan lense tele. Lensa ini cukup fleksibel dan memiliki jangkauan yang cukup lebar. Lensa ini terbilang sering dan mudah untuk digunakan karena pemakaiannya tinggal memutar ukaran lensa sesuai yang dibutuhkannya. Namun lensa ini memiliki kekurangan untuk mempertahankan bidang fokus.

6

  •  Lensa Tele 

Lensa jenis ini merupakan kebalikan dari lensa Wide Angle. Fungsi lensa ini adalah mendekatkan subjek namun mempersempit sudut pandang, dengan ukuran 70 mm keatas bisa dikategorikan kedalam lensa jenis ini. Hasil gambar dengan menggunakan lensa ini akan membuat pengaburan pada pandangan sekitarnya dikarenakan sudut pandang yang sempit. Untuk penggunaanya lensa ini sering digunakan fotografer untuk mengambil gambar jarak jauh.

7

  • Lensa Wide Angle 

Kebalikan dari lensa Tele, lensa jenis ini berguna untuk menangkap subjek yang luas di ruang yang sempit. Lensa ini memiliki ciri yang apling khas dimana membuat subjek lebih kecil dari ukuran aslinya. Dengan kata lain Semakin pendek jarak fokusnya maka semakin lebar pandangannya.

8

  • Lensa Makro

Lensa jenis ini dirancang untuk memotret jarak dekat. Dengan menggunakan lensa memungkinkan untuk mengambil subjek yang berukuran sangat kecil, misalnya untuk memotret semut.

9

Itulah sekian artikel kami yang menjelaskan tantang jenis–jenis lensa kamera, nantikan artikel-artikel kami selanjutnya. Salam cekrek.

Penulis        : Tri Laksono (UKM Photography)

 

Yarza Aprizal

Yarza adalah seorang Kemahasiswaan di STMIK-POlTEK PalComTech

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Shares