Membuat Blangko Isian Formulir dengan Microsoft Word 2010

Istilah “blangko isian formulir” tentunya telah sering kita dengar didalam kehidupan sehari-hari. Apalagi saat kita ingin melakukan pendaftaran dalam mengikuti suatu kegiatan, maupun masuk kedalam sebuah sekolah, maupun organisasi. Blangko Isian Formulir dapat diartikan sebagai suatu surat isian yang berisi …

Review Overview

User Rating: 3.46 ( 7 votes)
0

Istilah “blangko isian formulir” tentunya telah sering kita dengar didalam kehidupan sehari-hari. Apalagi saat kita ingin melakukan pendaftaran dalam mengikuti suatu kegiatan, maupun masuk kedalam sebuah sekolah, maupun organisasi. Blangko Isian Formulir dapat diartikan sebagai suatu surat isian yang berisi form-form yang harus diisi, umumnya mengenai biodata diri seseorang maupun sekelompok orang.

Sekarang ini semuanya lebih serba bersifat teknologi. Termasuk dalam hal membuat sebuah form pengisian sebuah data pun dapat dilakukan menggunakan program office seperti Ms.Word. Form input data yang telah dibuat selanjutnya bisa diupload maupun dikirim melalui e-mail atau langsung diberikan kepada orang lain dalam bentuk sebuah file. Jadi, pengisian formulir secara manual mungkin saja akan menjadi ketinggalan jaman dan tidak akan terpakai lagi. Dalam kehidupan sehari-hari formulir yang sering dipergunakan adalah formulir pendaftaran, maupun formulir pemesanan suatu barang tertentu kepada produsen. Selain formulir tersebut, ada juga yang membuat formulir untuk angket, survey dan formulir-formulir yang lain yang digunakan untuk tujuan tertentu.

Jika anda berniat untuk membuat sebuah formulir/blangko pengisian input data, maka anda pun bisa membuat formulir tersebut dengan menggunakan Ms.Word 2010. Setelah itu silahkan dibagikan kepada teman-teman atau diupload ke website anda untuk didownload oleh pengunjung yang berkeinginan untuk mengisi formulir tersebut.Untuk memudahkan anda dalam membuat blangko isian formulir tersebut dalam Ms.Word 2010, berikut saya jelaskan langkah-langkahnya pembuatannya.

Langkah 1

Buka lembar kerja Ms.Word 2010 anda. Kemudian aktifkan terlebih dahulu Tab Developer dengan cara memilih menu File kemudian pilih Option, pilih bagian Customize Ribbon.

gambar 1

Langkah 2

Kemudian centang/ceklis Developer pada Main Tabs, kemudian klik OK, seperti gambar berikut.

gambar 2

Langkah 4

Pada lembar kerja akan bertambah satu tab dengan nama Developer, tab ini berisi tools-tools yang dapat membantu kita membuat blangko isian formulir seperti yang kita inginkan. Tools-tools tersebut dapat dilihat pada gambar berikut.

gambar 3

Langkah 5

Selanjutnya buatlah sebuat form yang berisikan data-data yang anda butuhkan, seperti biodata diri, dan lain-lain, seperti gambar berikut.

gambar 4

Langkah 6

Setelah itu buatlah form input pengisian data sesuai dengan yang telah anda buat tadi. Letakkan kursor pada tempat form input data yang akan dibuat. Form input bisa berupa teks, tanggal, check box, dll. Klik tab developer, gunakan pilihan yang ada pada group menu controls.

Format input teks : gunakan pilihan Rich Text.

gambar 5

 

Format input tanggal : gunakan Date Picker.

gambar 6

 

Format pilihan isian kata : gunakan Combo box atau drop down list.

gambar 7

Format check box : gunakan Check box.

gambar 8

Langkah 7

Gunakan tool Rich Text untuk isian nama lengkap dan tempat lahir.

gambar 9

gambar 10

Langkah 8

Gunakan tool Check Box untuk isian jenis kelamin.

gambar 11

Langkah 9

Gunakan tool Date Picker untuk isian tanggal lahir.

gambar 12

Langkah 10

Gunakan tool Combo box untuk isian agama.

gambar 13

Langkah 11

Untuk memasukkan pilihan dalam combo box agama, klik combo box agama yang telah dibuat kemudian pilih Properties pada Tools Controls. Klik add untuk menambahkan pilihan kedalam combo box agama, antara lain Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, dan Budha. Seperti gambar dibawah ini.

gambar 14

Sehingga pilihan agama akan menjadi seperti gambar berikut.

gambar 15

Langkah 12

Untuk No.Telp/HP bisa kalian tuliskan terlebih dahulu awalan “+62” kemudian diikuti Rich Text sebagai tempat pengentrian no.telp/HP nya, seperti gambar di bawah ini.

gambar 16

Langkah 13

Untuk Email, masukkan Rich Text untuk pengetrian awalan alamat email kemudian diikuti dengan Combo box untuk akhiran alamat email. Contohya “@yahoo.com”.

gambar 17

Silahkan tambahkan isian lainnya sesuai kebutuhan anda. Pembuatan blangko isian formulir pun selesai.

-Selamat mencoba-

Lety Tri

Letty bekerja sebagai Instruktur di LKP PalComTech Jambi. Bidang materi yang diajarkan adalah Microsoft Office, Desain Grafis, dan Animasi.

Latest posts by Lety Tri (see all)


Yuk kita share...