Cara Membuat Sebuah Kelas Controller dengan Framework CodeIgniter

Disini  saya menggunakan Notepad++ untuk IDE dalam membuat script pemrograman dengan web server XAMPP.

Codeigniter adalah sebuah framework dimana seorang Web Developer dapat membuat programnya dengan mudah melalui library dan helper yang telah disediakan dalam framework tersebut. Konsep kerja framework Codeigniter sendiri dibagi dalam beberapa bagian yaitu Model, View dan Controler.

  • Kelas Controller adalah sebuah kelas yang disediakan Framework Codeigniter untuk melakukan kontrol terhadap tampilan atau interface web baik pemanggilan,perubahan, dan dapat memanggil fungsi CRUD (Create,Read,Update,Delete) dalam pengolahan database.
  • Kelas Model adalah sebuah kelas yang disediakan Framewordk Codeigniter untuk melakukan pengolahan yang berhubungan dengan database seperti Insert, Update dan Delete .
  • Kelas View adalah sebuah kelas yang disediakan Framework Codeigniter untuk melakukan pengolahan yang berhubungan dengan design website atau interface Sebagai bahan latihan kita akan membuat sebuah kelas Controller dan kemudian memanggil fungsi ini untuk dijalankan.

Yuk kita coba langkah pertama untuk memulai Belajar Pemrograman Dengan Framework CodeIgniter. Untuk tutorial kali ini  kita akan membuat sebuah kelas Controller dan kemudian memanggil fungsi ini untuk dijalankan pada web browser.

Langkah 1

Searching terlebih dahulu Framework CodeIgniter pada Google.

frame-work-c

Langkah 2

PIlih codeigniter.com lalu download versi sesuai keinginan.

frame-work-c-2

Langkah 3

Setelah berhasil download pindahkan terlebih dahulu folder CodeIgniter ke direktori C:\xampp3\htdocs, kemudian silahkah lakukan extract file dan rename sesuai dengan folder yang diinginkan, disini saya rename dengan nama folder “Latihan_CodeIgniter1”.

frame-work-c-3

Langkah 4

Kemudian, lihat di web browser http://localhost/Latihan_CodeIgneter1/, jika tampil seperti dibawah untuk memastikan codeigniter telah jalan di komputer anda.

frame-work-c-4

Langkah 5

Buka folder C:\xampp3\htdocs\Latihan_CodeIgneter1\application\controllers, dan buat file baru dengan nama php, dapat dilihat seperti dibawah.

frame-work-c-5

Langkah 6

Buka Program Editor yang anda gunakan kemudian buat sebuah kelas baru dalam folder application/controller/ dengan extends  CI_Controller dengan nama “lat1” contoh sebagai berikut.

frame-work-c-6

Langkah 7

Setelah dibuka program editor silah ketik script seperti contoh di bawah.

frame-work-c-7

Langkah 8

Selanjutnya, kita run pada web browser dengan alamat: http://localhost/Latihan_CodeIgneter1/index.php/lat1

frame-work-c-8

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaaat bagi kita :).

Febri Darnis

Febri adalah seorang dosen di STMIK-POLTEK PalComTech Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Shares