Penyebab Lamanya Pengisian Daya Baterai Pada Smartphone

Hallo Palcomster ! Apa kabarnya nih ? Semoga baik-baik saja ya.

Kali ini saya akan mengajak kalian untuk membahas seputar Smartphone. Saat ini Smartphone sudah termasuk barang kebutuhan Primer, setiap kalangan pasti memiliki barang satu ini. Dengan berkembangnya zaman, jenis dan merk pun sudah bermacam-macam. Dan seiring itu pula permasalahan pada Smartphone kerap terjadi. Salah satunya yaitu lamanya proses pengisian daya baterai pada smartphone. Diantara rekan-rekan pasti ada yang mengalami lamanya proses pengisian daya baterai pada Smartphonenya walaupun sudah di charger selama berjam-jam.

Jangan khawatir, saat ini banyak cara menanggulangi lamanya proses pengisian daya baterai pada smartphone kita. Namun anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab lamanya pengisian daya baterai smartphone anda.

Berikut ini macam-macam penyebab umum lamanya proses pengisian daya baterai pada smartpone anda yang mungkin bisa menjadi antisipasi apabila hal yang tidak di inginkan terjadi.

Kabel Charger

Periksalah kabel charger smartphone anda apabila proses pengisian daya baterai sangat lama. Kemungkinan kabel charger anda sudah tidak layak pakai atau telah usang, Hal ini dikarenakan pemakaian kabel charger yang sering ditarik, ditekuk, dan di tancapkan ke listrik setiap hari. Tentu saja penggunaan kabel setiap hari dan dalam waktu yang cukup lama akan mengurangi performa kabel tersebut.

kabel-charger-ps-3

Adaptor

Masalah lamanya proses pengisian daya baterai pada smartphone bisa juga terdapat pada adaptor yang anda gunakan. Adaptor yang anda gunakan mungkin saja memiliki output yang lemah dan tidak cocok dengan smartphone anda.

Penggunaan adaptor sebaiknya mengikuti saran penggunaan dari vendor smartphone anda, dan jangan mengambil resiko dengan menggunakan adaptor yang tidak disarankan oleh vendor smartphone. Karena penggunaan adaptor yang tidak sesuai dengan smartphone juga berpengaruh pada lamanya proses pengisian daya baterai smartphone anda.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kemungkinan Sumber Daya Yang Digunakan Lemah

Salah satu faktor terpenting lamanya proses pengisian daya baterai smartphone adalah sumber daya listrik yang digunakan. Jika anda menggunakan port USB yang ada pada PC untuk mengisi ulang daya baterai, maka waktu pengisian akan menjadi lama. Terlebih jika anda menggunakan port USB hub yang arusnya sudah terbagi-bagi.

port-hub

Kualitas Baterai Yang Menurun

Kualitas Baterai yang buruk merupakan faktor terpenting dalam penggunaan maupun pengisian daya baterai. Dengan seiring berjalannya waktu dan seringnya penggunaan, maka kualitas baterai akan semakin menurun.

baterai

Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

Masalah lamanya proses pengisian daya baterai tak hanya dari sektor Hardware, masalah juga bisa berasal dari Softwarenya. Aplikasi yang berjalan di latar belakang juga berperan pada lamanya pengisian daya baterai smartphone. Karena aplikasi yang berjalan dilatar belakang akan memenuhi kapasitas RAM serta menggunakan kinerja CPU yang berlebihan.

app

Port Micro USB Rusak

Mungkin port USB pada smartphone anda tersumbat oleh tumpukan partikel kecil seperti debu dan semacamnya, sehingga menghambat arus listrik yang akan masuk. Atau kemungkinan yang dapat terjadi adalah pin pada port USB smartphone anda rusak.

port-micro-usb

Demikian pembahasan dari kami, nah jika smaertphone kalian mengalami proses yang lamban dalam pengisian daya baterai bisa cek elemen seperti diatas.

Penulis : M. Yamin Akhiruddin (Mahasiswa Sistem Informasi) 

Yarza Aprizal

Yarza adalah seorang Kemahasiswaan di STMIK-POlTEK PalComTech

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Shares