Tips Menghindari Plagiat Pada Karya Ilmiah

Halo Palcomster, pada atikel kali ini kita akan membahas tips menulis tanpa terkena plagiarisme. Kenapa kita tidak boleh melakukan plagiarisme? tentu saja, karena plagiat bisa merugikan orang lain. Contoh simple nih, skripsi kalian yang sudah kalian kerjakan dengan menghabiskan waktu ,tenaga dan uang lalu tiba-tiba dijiplak oleh orang lain. Oleh karena itu, kita  harus mempelajari tipsnya  agar terhindar dari plagiat.

Sebelum itu kita bahas terlebih dahulu pengertian plagiat. Plagiat atau plagiarisme merupakan kegiatan menjiplak karya orang lain secara sengaja maupun tidak sengaja. Bagaimana agar kita tidak terkena plagiarisme?

1. Membuat karya yang fresh

Buatlah karya yang fresh dengan kata lain belum pernah dibuat oleh orang lain dan yang pasti sesuai perkembangan zaman. Contohnya apabila kita menyusun skripsi, buatla dengan tema yang jarang dipilih orang lain dan cari tempat penelitian yang memang belum pernah diteliti. Hal ini akan menghindarkan kita dari plagiat karya ilmiah orang lain.

2. Cantumkan sumber referensi

Jika kita merasa  dalam menulis membutuhkan inspirasi, maka kita harus mencantukan sumber referensi yang kita ambil.

3. Pelajari Teknik Menulis Parafrase

Teknik menulis parafrase adalah mengungkapkan gagasan/tulisan orang lain dengan kata-kata sendiri tanpa merubah makna ide dari gagasan tersebut. Dengan teknik ini akan meminimalisir kita terkena plagiarisme. Tapi sumber referensinya juga tetap kita cantumkan.

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat ya…….

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Yuk kita share...