Tutorial Smudge Tool dengan Photoshop by UKM PDA

Hai semuanya, ketemu lagi dengan kami (UKM PDA),

kali ini kami akan membahas bagaimana cara smudge painting menggunakan Smudge Tools pada adobe Photoshop, yuk mari di praktekan.

1. Siapkan Fotonya, yang digunakan sebagai model kali ini Kakek dari Mr. Agik Manik

1

2. Perhatikan tingkat photo yang digunakan, jika dirasa kurang bisa menggunakan Create New Fill, pilih level,  tentunya dengan besaran poin sesuai dengan kualitas photo yang digunakan.

2

3.  Selanjutnya, Tambahkan juga Brightness/Contrast

3

4. Kemudian menggabungkan semua layer, caranya tekan tombol Shift pada setiap layer lalu klik kanan dan pilih Marge Layers

4

5. Sampe disini, duplikat terlebih dahulu layer yang sudah di marge sebelumnya. Caranya tekon tombol CTRL + J kemudian masuk ke menu Filter-sharpen-sharpen. Lakukan sebanyak 2x

5

6.  Kemudian Tambahkan Filter-Artistic-Paint Daubs dengan keterangan :

  • Brush size = 1
  • Sharpnes = 7
  • Brush type = Simple

6

7. Selanjutnya kembali ke layer utama dengan menggunakan Sudge Tool. Untuk mengubah jenis brush, klik kanan pada photo kemudian gunakan jebis brush dan ukuran yang kalian inginkan, pada tutorial kali ini kami menggunakan Grung Brush by Telei stcok dengan ukuran 25. Trik menggunakan Smudge Tool, biar mudah gunakan Size sesuai area misalnya untuk size kecil gunakan pada mata, kuping.

7

8. Kemudaian gunakan burn tool untuk memeberikan kesan gelap atau bayangan di setiap lekukan, misalnya dagu dll dengan menggunakan Exposure 10%

8

9. Gunakan kembali Sharpen sebanyak 2x untuk mempertegas gambar

9

10. Untuk tahapan ini boleh dilewati, tapi jika ingin mengubah pola warna atau cahaya, kecerahan gunakan menu Image-Adjustment.

10

11. Masuk ke tahap akhir, gunakan Filter-Sharpen- Smart Sharpen

1112

12. Selanjutnya, atur kembali Photo dengan Smudge Tool, dengan pengaturan Strenght 20, kemudian gosok kembali dengan burn tool pada bagian lekukan tubuh.

Kemudian . Hapus lah Latar, biasanya menggunakan Polygonal Lasso tool atau Pen  tool untuk melakukan seleksi, Jika sudah dihapus, kemudian buat latar menggunakan Brush Tool, jenis brush yang digunakan adalah Smudge Set 1 frostbo.

14

Dengan hasil akhir :

15

Penulis : Ria Kumala (UKM PDA) 

Yarza Aprizal

Yarza adalah seorang Kemahasiswaan di STMIK-POlTEK PalComTech

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Shares